Gubernur Hadiri Pelantikan Pengurus Pergatsi Provinsi Sumatera Barat

 

IMG_0014 IMG_0015 IMG_0018 IMG_0019 IMG_0037 IMG_0039Pelantikan Pengurus Pergatsi Provinsi Sumatera Barat oleh Pengurus Pusat Pergatsi.
Padang, PADANGTODAY.com-Gubernur Irwan Prayitno menghadiri Pelantikan pengurus Pergatsi Provinsi Sumatera Barat oleh Pengurus Pusat Pergatsi, di Kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, Kamis malam (28/5). Hadir juga dalam kesempatan itu Ketua dan Pengurus Pusat Pergatsi Pusat, Kadis Dispora Sumbar serta beberapa tokoh olahraga Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, selamat kepada pengurus Pergetsi Prov. Sumbar yang telah dilantik, semoga mampu menjalan tugas dan amanah yang diberikan. Ini merupakan sebuah awal bagaimana mempopulerkan olahraga Gateball ini di Sumatera Barat, mudah-mudah ini juga mampu mengharumkan prestasi olahraga di daerah ini.

Kita mengetahu olahraga Gateball ini merupakan olahraga yang bisa dimain oleh semua golongan umur, anak-anak, dewasa, bapak, ibu, sampai kakek. Tentunya olahraga ini akan mampu pula meningkatkan silaturrahmi keluarga dalam kesehatan dan kebahagian tersendiri jika dapat dilakukan bersama-sama.

Tertumpu harapan besar kepada pengurus untuk mampu mensosialisasikan olahraga ini ditengah-tengah masyarakat kita, sehingga nantinya Sumatera Barat juga mampu memiliki atlit-atlit terbaik untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam tahun ini juga, akan ada pertandingan gateball di Menado, yang diharapkan nanti Sumatera Barat dapat memperlihatkan prestasinya dengan baik, harapnya.

Wakil Ketua Umum II, Danis Sumadilaga yang mewakili Ketua Umum dalam kesempatan itu menyampaikan, penghargaan dan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang telah bersedia menjadi pembina Pergetsi Sumatera Barat untuk periode 2015-2019. Dan Sumatera Barat merupakan provinsi ke 13 yang dilakukan pelantikan di Indo
Gateball ditemukan pada tahun 1947 di kota kecil Memuro, di Hokkaido, Jepang. Eiji Suzuki adalah pencipta olahraga populer ini. Di tengah-tengah kekacauan setelah Perang Dunia II, ia ingin memberi sesuatu yang sederhana untuk anak-anak miskin yang tidak mempunyai mainan. Olahraga baru ini, diilhami dari permainan barat “croquet” (permainan bola kayu), sejak itu gateball menyebar di sluruh Jepang.

Gateball kini telah dapat dinikmati di seluruh dunia berkat usaha dan promosi emigran Jepang, pemerintah, penggemar dan pabrikan olah raga. Begitu pula telah tersebar melalui pertukaran antar organisasi dan tour yang diorganisir oleh agen perjalanan untuk memperkenalkan olah raga ini ke luar negeri. Sesungguhnya, saat ini gateball dimainkan di lebih 30 negara dan daerah oleh lebih dari 10 juta orang. Semakin hari penggemarnya semakin meningkat.

Gateball masa kini adalah suatu jenis olahraga yang dapat dimainkan dengan mudah, di manapun berada dan dengan siapapun. Perhimpunan gateball dunia berharap dapat memperkenalkan atraksi olah raga internaional yang santai ini dan membantu mereka memahami potensi masa depannya.

Di Indonesia Olahraga Gateball mulai dipopulerkan di Bali, sejarahnya dimulai tahun 1995. Persatuan Olahraga Gateball Bali, pada tahun 1995 dulu, merupakan anggota ke-14 di dunia setelah Jepang, Cina, Thailand, Korea, AS, Kanada, Kalifornia, Singapura, dan Hawaii. Adapun Bali merupakan daerah pertama kehadiran Gateball di Indonesia.(admin/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*