GUBERNUR: JANGAN ADA SATGAS PUNGLI TERLIBAT

   Pungli tidak sepatutnya diberikan tempat, sehingga masyarakat dapat menikmati hak-haknya dan terlindungi dari berbagai upaya pelanggaran hukum yang merugikan mereka.Rakyat miskin karena adanya pungli

Pungli tidak sepatutnya diberikan tempat, sehingga masyarakat dapat menikmati hak-haknya dan terlindungi dari berbagai upaya pelanggaran hukum yang merugikan mereka.Rakyat miskin karena adanya pungli

Advertisements

PadangPADANG-TODAY.COM-Gubernur Sumbar,Irwan Prayinto menyatakan, Satuan Khusus (Satgas) pungli telah dibentuk harus bersih dari pratek pungli.

“Jangan sampai ada Tim Satgas pungli ini terlibat pungli,”kata Irwan Prayitno ketika melantik Tim Cyber pungli di Aula Polda Sumbar.

Ia menjelaskan, setiap informasi masyarakat yang diterima tim Cyber pungli wajib ditindaklanjuti guna mencegah terjadi pungli.

“Jangan sampai pratek pungli terjadi, hal ini akan memperburuk kinerja tim Satgas,”tegasnya.

Bagaimanapun pratek pungli tersebut sama dengan korupsi.” Rakayt bisa menjadi miskin karena ada praktek pungli di Sumbar,”ujar Irwan Prayitno.

Ia mengatakan, Tim Satgas pungli dibentuk merupakan gabungan dari seluruh elemen mulai dari pihak kepolisian, Kejaksaan, TNI-AD,TNI-AU serta pihak terkait.

Tim ini resmi diberinama satgas itu saber pungli atau sapu bersih pungli. Nama resminya adalah saber pungli, bukan pemberantasan atau penanggulangan tapi sapu bersih pungli.

Tim ini saling membantu satu sama lainnya dalam pemberantas pungli di Sumbar.”Jika ada oknum terlibat pungli harus ditindak tegas.Bagaimanapun pungli juga termasuk bagian dari korupsi.,”katanya.

Pungli tidak sepatutnya diberikan tempat, sehingga masyarakat dapat menikmati hak-haknya dan terlindungi dari berbagai upaya pelanggaran hukum yang merugikan mereka.”Rakyat miskin karena adanya pungli tersebut,”tegas Irwan.

Sementara itu Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basruddin menyatakan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat bertekad memberantas para pelaku praktek pungli baik untuk internal Polri ataupun instansi yang lain yang ada di wilayah provinsi itu.

“Semua bentuk pelanggaran yang ditemukan akan ditindak tegas sesuai peraturan atau hukum yang berlaku//  masyarakat tidak segan melapor jika menjadi korban pungli oleh oknum anggotanya ataupun oknum aparat pemerintah,”katanya.

Ia menjelaskan, Pembentukan Cyber pungli wujud dari keinginan Polri dan Pemerintah untuk memperbaiki citra dan Pelayanan terhadap masyarakat guna memberantas segala bentuk Pungutan Liar yang marak terjadi.

“Satgas pungli merupakan bentuk pelayanan Polri dan Pemerintah terhadap masyarakat agar segala bentuk proses pelayanan terhindar dari pungutan liar,”ujarnya.

Masyarakat dapat melaporkan jika ada praktek pungli di instiusi Polda Sumbar maupun tempat lain. Laporan tersebut ditindaklanjuti oleh Tim Satgas OPP dengan kemudian melakukan penyelidikan. Jika laporan itu betul, akan diproses sesuai dengan ketentuan berlaku.

“Jika ada oknum polisi tindak tegas akan ditangani Propam dan Irwasda.Jika kedapatan melakukan pungli, anggota polisi tersebut siap-siap untuk menjalani sanksi berupa disiplin, kode etik, dan pidana. Bila masyarakat yang mendapat perlakuan dipungli dari instansi lain akan ditangani Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum),”jelas Basaruddin.(*nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*