Gubernur Lakukan Pencanangan Gerakan Tanam Jagung di Agam

gub tanam jagung

AGAM, PADANGTODAY.com-Gubernur Sumatera barat kembali melakukan pencanangan gerakan tanam jagung untuk meningkatkan swasembada pangan Sumatera Barat di Kabupaten Agam, tepatnya di Kecamatan Lubuk basung. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan juga turut hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi jagung yang ada di Sumatera barat pada umumnya, Kabupaten Agam khususnya. Hal ini dikarenakan Kabupaten Agam memiliki lahan yang banyak untuk melaksanakan Swasembada pangan tersebut.

Gubernur menyampaikan bahwa target produksi jagung pada tahun 2017 nanti harus mencapai 1 juta ton. sedangkan pada tahun ini baru mencapai 750 ribu ton.

Sambutan selamat datang disampaikan oleh Wakil Bupati agam, karena Bupati sedang Dinas Luar Provinsi.
“Terima Kasih untuk kontribusi gubernur yang telah banyak membantu dan meningkatkan pendapatan Kabupaten Agam melalui Gerakan dan pencanangan seperti saat sekarang ini. Gubernur IP adalah contoh gubernur yang fokus dan serius dalam memperhatikan sektor pertanian yang ada di Sumatera Barat ini”, Ucap Irwan Fikri.

Irwan Fikri juga menyampaikan Program yang dilaksanakan oleh kabupaten Agam dalam rangka meningkatkan dan mendukung Swasembada pangan diantaranya, perbaikan irigasi seluas 1500 Ha, Optimalisasi lahan pertanian tanam padi seluas 400 Ha, Gerakan pencanangan Jagung terpadu yang dilaksakan oleh 20 kelompok tani di Sumatera Barat.
Gubernur menyampaikan bahwa ” Memang harus dan jelas kita perhatikan sektor pertanian di Sumatera Barat ini, karena sebagian besar mata pencaharian penduduk Sumatera Barat adalah Petani “, ucap IP

“Hampir 7% APBD Provinsi adalah untuk sektor Pertanian, dan itu merupakan angka yang besar di bidang pertanian apabila dibandingkan dengan Provinsi lain yang ada di Indonesia. dan juga saya harapkan kepada para penyuluh dan para babinsa untuk membantu para petani meningkatkan hasil pertanian mereka, jagung dan padi untuk meningkatkan hasil pertanian kita sekaligus meningkatkan kesejahteraan Provinsi Sumatera Barat kedepannya”, tambah IP.

Setelah Gubernur meresmikan pencanangan Tanam Jagung ini, gubernur beserta Pejabat Provinsi maupun Kabupaten Agam melaksanakan Tanam Bibit jagung dan juga menanda tangani pembangunan kantor jorong padang tongga kabupaten Agam. Sekaligus pemberian bansos kepada petani yang ada di kelompok tani tersebut.(lan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*