Gubernur Serahkan Handtractor, Walikota Padang Launching Tanam Sejuta Cabai

irwan-dan-mahyeldi

PADANG, PADANGTODAY.COM-Pemerintah Kota Padang dengan sekuat tenaga bertekad mewujudkan swasembada pangan dan meningkatkan indeks pertanaman. Maka praktis juga harus memberikan perhatian yang tinggi terhadap kelompok petani, baik dalam bantuan peralatan maupun penyediaan bibit.

Hal itu diungkapkan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah saat penyerahan 48 unit handtractor bantuan Kementerian Pertanian oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rabu (24/12). Penyerahan yang dihadiri puluhan anggota kelompok tani ini bertempat di halaman kantor Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang, Sungai Lareh.

Pada kesempatan ini Walikota Mahyeldi juga melaunching gerakan menanam sejuta pohon cabai di halaman rumah dan lahan kosong. Gerakan ini bertujuan agar setiap keluarga di Kota Padang bisa memenuhi kebutuhan cabai sendiri dan tidak mengandalkan dari pasar.

“Melonjaknya harga cabai karena kurang terpasoknya kebutuhan berdampak terhadap tingginya inflasi. Dengan mengurangi belanja cabai di pasar karena kebutuhan terhadap cabai dapat terpenuhi sendiri oleh masyarakat, maka harga cabai di pasar dengan sendirinya akan ikut turun,” ulas Walikota yang juga Sarjana Pertanian itu.

Gubernur Irwan Prayitno mendukung gerakan menanam sejuta cabai ini. Menurutnya, langkah yang dilakukan Walikota Padang sebagai suatu bentuk perhatian dalam menjaga kestabilan ekonomi daerah. “Mestinya daerah lain juga mengikuti apa yang dilakukan Walikota Padang ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dispernakbunhut Kota Padang Heryanto Rustam menyebutkan, bantuan yang telah diterima dalam tahun 2014 ini yaitu 94 unit handtractor termasuk yang diserahkan hari ini, 12 unit tresher, 1 unit rice transplanter, 1 unit cultivator, 7 unit pompa air dan 5 unit UPPO.

“Dengan bantuan dari pusat melalui Pemerintah Provinsi Sumatera ini akan sangat membantu petani kita dalam melakukan percepatan pengolahan serta hasilnya bisa lebih meningkat,” tukasnya.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*