Gugatan Class Action 10 Milyar Untuk Warna Cat Seng Pagar Gedung Balai Adat

Cat pagar proyek pembangunan balai adat tanah datar.

Cat pagar proyek pembangunan balai adat tanah datar.

Advertisements

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MT-KAAM) ajukan gugatan class action terhadap CV. Jatra Jaya, dengan Roby Juniardi Putra selaku direkturnya.

Pagar dari seng yang di buat CV. Jatra jaya berfungsi untuk mengamankan barang-barang proyeknya dari tangan jahil, dicat dengan mengunakan susunan warna hitam, merah dan kuning yang paling bawah.Menurut MT KAAM sebagai penggugat menganggap bahwa hal ini telah memutarbalikkan letak susunan warna Marawah orang minangkabau yang terdiri dari warna kuning untuk bagian atas selanjutnya merah dan hitam untuk warna paling bawah.

“Susunan warna cat yang di buat oleh CV Jatra Jaya ini telah membuat rasa menyakitkan bagi tokoh-tokoh adat Minangkabau, sekaligus tidak menghargai jasa-jasa pahlawan ninik moyang orang minang kalau yang telah membuat susunan marawah minangkabau, yang tidak boleh di rubah susunan warnanya seperti halnya bendera kebangsaan dalam suatu negara yang patut di hargai” ujar Sutan Syahril.

A Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Alam Minangkabau(MT-KAAM). atas dasar itulah MT-KAAM, mengajukan gugatan class action kepada Roby selaku direktur CV.Jatra Jaya sebesar 10 Milyar rupiah karena di anggap telah mempermainkan warna marawah Minangkabau yang menjadi cat pagar seng proyek pembangunan gedung balai adat yang terletak pas di depan kediaman dinas Bupati Tanah Datar ini.

Ditempat berbeda dihubungi Padangtoday.com, Roby Juniardi Putra selaku di rektur yang melaksanakan pekerjaan fisik ini menyatakan” bahwa warna susunan cat yang seperti itu bukanlah kehendak kami dari pihak kontraktor, ini merupakan inisiatif kami saja atas permintaan ninik Mamak, bunda kandung Tanah Datar dan kepala kadisbudparpora pada saat itu supaya pagar seng ini terlihat indah, sebenarnya dalam kontrak kerja pun tidak ada keharusan kami untuk memberi warna khusus untuk cat pagar seng proyek pengerjaan balai adat ini,” ujarnya.

Saat ini gugatan ini telah masuk ke PN Batusangkar,” tutupnya.(romi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*