H Ali Mukhni Menjalankan Tugasnya Dengan Baik Selama Menjadi Bupati Kabupaten Padang Pariaman

Pasangan Pemimpin Kabupaten Padang Pariaman H.Ali Mukhni dengan  H Damsuar.

Pasangan Pemimpin Kabupaten Padang Pariaman H.Ali Mukhni dengan H Damsuar.

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Siapa sangka sosok seorang H Ali Mukhni bisa menjadi Bupati Padangpariaman pasca H Muslim Kasim terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumatra Barat. Namun, langkah dan rezeki seorang manusia hanya Allah SWT yang maha mengetahui. Begitu juga jabatan bupati yang disandang oleh H Ali Mukhni sampai saat ini.

Meski awalnya, H Ali Mukhni hanya seorang guru olahraga dan diangkat menjadi seorang PNS di Propinsi Bengkulu tahun 1988. Namun, berkat kerja iklas demi untuk kemajuan daerah dan masyarakat kampung halamannya dari Kota Bengkulu Ali Mukhni telah memulai berkarya dan berkarya.

Setelah merasa mampu sang H Ali Mukhni pulang kampung ke tanah kelahiran Padangpariaman sekitar tahun 2000. Namun, puncak bakti H Ali Mukhni yang diketahui oleh semua lampisan masyarakat Padangpariaman saat berpasangan dengan H Muslim Kasim untuk maju menjadi Wakil Bupati Padangpariaman tahun 2005.

Berkat tangan dingin dan berkerja iklas tersebut H Ali Mukhni sukses melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Bupati Padangpariaman saat itu H Muslim Kasim. Baik saat bersama-sama dengan H Muslim Kasim, maupun saat Muslim Kasim melaksanakan tugas luar Padangpariaman.

Apa saja jenis perkerjaan dijalani H Ali Mukhni untuk kemajuan Padangpariaman. Sebab, tugas seorang Wakil Bupati Padangpariaman bagi dirinya siap membantu Bupati Padangpariaman H Muslim Kasim. Tak heran, setelah tahun berganti H Ali Mukhni sukses menjalankan amanah masyarakat Padangpariaman menjadi Wakil Bupati Padangpariaman selama lima tahun berdampingi dengan H Muslim Kasim.

Seiring perjalan waktu itu, periode Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman 2005-2010 telah habis. Mau tidak mau Pemkab Padangpariaman wajib melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah ( pemilukada ).

Ketika itulah H Ali Mukhni maju menjadi calon Bupati Padangpariaman periode 2010-2015. H Ali Mukhni berpasangan dengan H Damsuar. Hingga kini keperiodean pasangan H Ali Mukhni dan Damsuar telah hampir memasuki usia lima tahun.

Meski begitu, telah banyak tugas-tugas dan perkerjaan berat yang dilaksanakan H Ali Mukhni untuk kemajuan daerah bersama masyarakat. Apalagi H Ali Mukhni berkomitmen menjadi Padangpariaman unggul dalam segala bidang pembangunan.

Tak heran, baru saja H Ali Mukhni terpilih sebagai Bupati Padangpariaman dan dilantik Gubernur Sumatra Barat H Irwan Prayitno tahun 25 Oktober 2010, sosok H Ali Mukhni langsung tancap gas melaksanakan agenda daerah.

Apalagi H Ali Mukhni telah berpengalaman selama lima tahun menjadi Wakil Bupati Padangpariaman. Sehingga tugas-tugas berat telah menunggu Ali Mukhni yang terlahir dari ayahnya, Zaini seorang kusir bendi di Kampuang Pauah, Kenagarian Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan ibunya, Siti Sakar seorang Ibu Rumah Tangga (IRT).

Sebab, program-program H Ali Mukhni semasa bersama H Muslim Kasim sangat banyak bengkalai yang akan dilanjutnya. Salah satunya, mengoperasikan Kantor Bupati Padangpariaman yang terletak di Korong Pasa Dama, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung.

Ali Mukhni sukses melaksanakan proses kepindahan Ibukota Padangpariaman dari Kota Pariaman ke Nagari Paritmalintang. Sebab, dengan menjadi otonomi Kota Pariaman otomatis Ibukota Padangpariaman di Kota Pariaman harus pindah.

Makanya, H Ali Mukhni melaksanakan proses penyiapan kantor Bupati Padangpariaman yang baru itu. Setahap-setahap sukses diselesaikan H Ali Mukhni. Akhirnya, menjelang tutup tahun 2011 H Ali Mukhni resmi pindahkan pusat perkantoran Bupati Padangpariaman ke nagari Paritmalintang.

Sekarang kondisi pusat perkantoran tersebut semakin megah. Apalagi dengan ada kebun binatang mini di kawasan perkantoran tersebut. Sehingga pusat perkantoran bupati menjadi tempat objek wisata alami bagi masyarakat, baik pagi, siang dan sore hari ratusan masyarakat silih berganti mendatangi.

Mereka ingin melihat kemegahan kantor bupati dan kebun binatang mini. Dengan ramai masyarakat datang ke kebun binatang mini, otomatis ekonomi masyarakat juga hidup. Kenapa tidak, pedagang keliling, mulai dari sate, bakso dan jenis lain panen jualan, karena dibeli masyarakat pengunjung.

Tidak itu, saja pembangunan yang dilakukan H Ali Mukhni menjelang lima tahun kepimpinannya. Baik yang telah selesai dikerjakan dan yang akan dilaksanakan pembangunan. Contoh, Asrama Haji di Kenagarian Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai awal tahun 2015 akan dimulai pembangunannya.

Bahkan jalan lingkar Duku – Sicincin saat ini dalam pelaksanaan perkejaan. Namun, masih banyak lagi yang telah dilaksanakan H Ali Mukhni bersama jajarannya menjelang habis masa jabatannya nanti 25 Oktober 2015.

Tak heran, Mantan Menkokesra H Azwar Anas sangat memuji kinerja H Ali Mukhni menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Padangpariaman.

“Kabupaten Padangpariaman sangat beruntung dipimpin oleh H Ali Mukhni, sosok pemimpin pekerja keras, jago lobi dan merakyat. Selain itu sosok tersebut dekat dengan alim ulama dan ninik mamak serta perantau,” kata sesepuh minang Letjen (Purn) TNI H Azwar Anas kepada PADANGTODAY, kemarin.

Apalagi katanya, sosok Ali Mukhni saat ini kerap menjadi perbincangan dari kalangan elit politik hingga rakyat badarai. Hal tersebut didasari pesatnya pembangunan infrastruktur bertaraf internasional yang memacu tingginya pertumbuhan ekonomi. Tahun 2014 lalu, Padangpariaman dinyatakan telah keluar dari daerah tertinggal.

Meski katanya, Ali Mukhni mengawali karirnya dari seorang tenaga pengajar di lulusan STM Pariaman Tahun 1977. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri Padang jurusan Ilmu keolahragaan, tapi beliau sukses menjadi pemimpin.

“Kita sangat salut dengan kerja keras beliau. Beliau berkerja iklas untuk kemajuan Padangpariaman yang lebih baik bersama semua pihak,” ujarnya.

Sekarang, kerja keras Bupati Ali Mukhni membuahkan hasil. Berbagai prestasi diraihnya baik tingkat nasional maupun daerah. Seperti penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Ketua BPK Perwakilan Sumbar, Satya Lencana Kebaktian Sosial dan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI, Zakat award dari Baznas dan meraih Citra Bakti Pelayanan Prima Tingkat Propinsi Sumbar dari Gubernur.

Kemudian Azwar Anas menyatakan, berbagai jenis pembangunan telah dilaksanakannya. Mulai dari pembangunan mega proyek bertaraf internasional yang terletak dalam daerahnya.

Diantaranya Pembangunan Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP), dengan dana Rp 2 trilyun di Tiram, Ulakan Tapakis. MAN Insan Cendikia dengan dana Rp 60 Milyar di Sintuk Tobih Gadang. Asrama Haji dengan dana Rp 800 Milyar di Sungai Buluh, Batang Anai. Selanjutnya Pembangunan Jalan Lingkar Duku Sicincin, Jalur Kereta api Duku-BIM dan normalisasi irigasi.

Artinya, buah kerja keras Bupati Ali Mukhni menjadikan Kabupaten Padangpariaman sebagai Kota Metropolitan di Sumatera Barat yang telah diakomodir dalam RPJMD 2014-2019.

Kemudian Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, saat ini pertumbuhan ekonomi Padangpariaman mencapai 6,67 parsen adalah salah satu pencapaian tertinggi dalam Propinsi Sumbar. Ke depan dirinya mengharapkan Padangpariaman sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Sumbar, bisa diatas 7 parsen.

“Alhamdulillah, kita berprinsip kerja itu ibadah yang bermotto dengan kebersamaan. Kita bangun Padangpariaman dengan bersama-sama. Insya Allah, daerah ini menuju kota metropolitan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi sesuai RPJMD Sumbar,” tambahnya mengakhiri. (set)

Bupati Ali Mukhni tinjau kebun binatang mini dekat kantornya.

Bupati Ali Mukhni tinjau kebun binatang mini dekat kantornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*