H Asyirwan Yunus Monitoring Tunggakan Dana Bergulir di Bukik Barisan

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi memberikan sambutan membuka Monitoring dan Evaluasi Dana Bergulir di Kecamatan Bukit Barisan

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi memberikan sambutan membuka Monitoring dan Evaluasi Dana Bergulir di Kecamatan Bukit Barisan

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com– Dana bergulir seperti LKMA dan KMN macet, SPP PNPM nya juga macet karena ini bisa berdampak sistemik. Sebab, satu program saling menjadi ukuran bagi masyarakat terhadap program lain yang sejenis.

Ini disebabkan kurangnya informasi tentang program dana bergulir atau kurang siapnya pengelola untuk mengelola tugas, sering menjadi kemacetan terjadi. Jadi, sebagian besar bukan masyarakat yang tidak mau membayar tetapi karena kurangnya informasi tentang itu.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi dalam monitoring evaluasi dan penanganan tunggakan dalam pengelolaan dana bergulir di Kecamatan Bukit Barisan yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna Kantor Camat Bukik Barisan, Rabu (22/4), mengatakan hal demikian.

Hadir pada kesempatan itu Camat Bukik Barisan Drs. Rahmat Hidayat, M.Si, Muspika Bukit Barisan dan peserta monitoring yang terdiri dari perangkat perangkat Nagari yang ada di Kecamatan Bukit Barisan.

Disamping itu, Wabup juga apresiasi dengan diadakannya terobosan baru ini, merupakan sebagai bentuk keseriusan Kecamatan Bukit Barisan dalam mengawal program pemberdayaan masyarakat miskin.

”Selain itu saya juga berharap kegiatan ini juga bisa diikuti oleh kecamatan lain. Agar masyarakat tahu bagaimana cara pengelolaan dana bergulir ini secara baik,” kata H Asyirwan Yunus.

Mudah-mudahan, dengan diadakannya monitoring ini besar manfaatnya bagi masyarakat Kecamatan Bukit Barisan sehingga pemanfaatan dana bergulir ini tepat sasaran dan megantisipasi timbulnya penyelewengan penggunaan dana bergulir baik oleh pengelola maupun individu masyarakat kelompok.

Sementara itu, Camat Bukik Barisan Rahmat Hidayat melaporkan latar belakang diadakannya monitoring ini sebab kian meningkatnya jumlah tunggakan dana bergulir di beberapa Nagari di Kecamatan Bukit Barisan. Kemacetan dana bergulir berdampak sistemik sehingga setiap gejala kemacetan sesegeranya harus ditangani.

Tujuannya mengidentifikasi permasalahan yang timbul dan mencarikan solusi pemecahan sesuai ketentuan yang berlaku serta memperkuat dan memfasilitasi pengelola Pemerintahan Nagari dalam penyelesaian permasalahan setiap program dana bergulir.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*