H Asyirwan Yunus: Nagari Batu Hampa Berpeluang Mengukir Prestasi

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs. H. Asyirwan Yunus, M.Si Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Lomba Nagari Tingkat Kabupaten di Kantor Walinagari Batu Hampa

Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs. H. Asyirwan Yunus, M.Si Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Lomba Nagari Tingkat Kabupaten di Kantor Walinagari Batu Hampa

Advertisements

Limapuluh Kota-Kegiatan penilaian perlombaan Nagari ini dianggap penting mengingat perlombaan nagari merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda nasional. Penjabaran dan tindak lanjut peraturan Menteri Dalam Negeri 13 Tahun 2007 tentang perlombaan desa dan perlombaan kelurahan dan telah kita jabarkan melalui peraturan Bupati Limapuluh Kota Nomor 3 Tahun 2011 tentang pedoman umum perlombaan Nagari dan Keputusan Bupati Nomor 142 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis lomba Nagari, menjadi dasar dilaksanakannya lomba ini.

Hal ini yang disampaikan Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi dalam sambutannya menghadiri Lomba Nagari tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di Kantor Walinagari Batu Hampa, Kecamatan Akbiluru, Senin (30/3). Hadir pada acara tersebut Camat Akabiluru Elsiwa Fajri SSTP, Walinagari Batu Hampa Asra Arafat dan tim penilai dari berbagai dinas terkait.

Wabup H Asyirwan Yunus mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan alat evaluasi dan penilaian terhadap tingkat perkembangan suatu nagari dan untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil kegiatan dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan bidang kemasyarakatan di nagari, sehingga dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan Pemerintah Nagari,” kata Wabup.

Melihat kondisi ini Nagari Batu Hampa berpeluang mengukir prestasi terbaik. karena merupakan perwakilan dari Kecamatan Akbiluru untuk tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. Kepada Nagari ini nantinya diharapkan dapat menjadikan lomba nagari  itu, sebagai ajang pembenahan secara terus menerus untuk menampilkan pemerintahan nagari yang paling sempurna di masa akan datang.

Sementara itu, Elsiwa Fajri mengatakan, yang dilombakan di dalam pemerintahan nagari saat ini ada di beberapa bidang. Yakni, Bidang pendidikan masyarakat, bidang kesehatan masyarakat, bidang ekonomi masyarakat, bidang keamanan dan ketertiban, bidang partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, bidang lembaga kemasyarakatan, bidang pemberdayaan kesejahteraan dan keluarga.

Dimana sebelumnya sudah diadakan perlombaan Nagari tingkat Kecamatan, terpilihlah Nagari Batu Hampa menjadi juara sekaligus menjadi perwakilan untuk tingkat Kabupaten Limapuluh Kota.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*