H. Febby Datuk Bangso: Gapoktan dan Bumnag untuk Kesejahteraan, Kunjungi Warga Trans

H. Febby Datuk Bangso: Gapoktan dan Bumnag untuk Kesejahteraan, Kunjungi Warga Trans

H. Febby Datuk Bangso: Gapoktan dan Bumnag untuk Kesejahteraan, Kunjungi Warga Trans

Sijunjung, PADANG-TODAY.com-Staf Khusus Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal H Febby Datuk Bangso beserta rombongan, kunjungi warga trans Padangtarok, Kec Kemangbaru, Kab Sijunjung. Kehadiran rombongan tersebut untuk melakukan percepatan layanan dan fasilitas sarana prasarana pemukiman transmigrasi SP I Padangtarok.

Warga trans Padangtarok berasal dari Jawa Tengah dan Yogjakarta. Mereka ditempatkan sebagai warga trans sejak dua bulan terakhir. Ada 191 KK yang menjadi warga trans. Kehadiran mereka dibiayai oleh sharing dari APBD Jawa Tengah dan APBN Kemendes PDTT.

Pimpinan rombongan H Febby Datuk Bangso menyebutkan, Kemendesa PDTT akan memberikan pendampingan dan pelayanan untuk warga trans. Pendampingan ditujukan untuk kesejahteraan dan kemandirian warga.

Khairul Anam, Ketua Gapoktan Siwanu Jaya, merespon. Katanya, mereka sudah dua bulan menetap di wilayah tersebut. Warga trans mulai kerasan tinggal di sana dan memiliki semangat untuk membangun ekonomi warga. Pembangunan ekonomi tersebut ditindaklanjuti dengan membangun Gapoktan dan Bumnag.

“Kami mendapatkan dukungan untuk inventarisasi kepemilikan lahan dan jaminan hidup warga trans,” kata Khairul Anam, dihadapan warga trans dan rombongan Kemendesa PDTT, di Padangtarok, Senin (14/1)

“Terima kasih pak Presiden Jokowi. Terima kasih pak Mendes Eko. Terima kasih pak Bupati Sijunjung Yuswir,” ucapnya.

Menurut Dr Conrita Ermanto, M.Si, Kasubdit Pengurusan Hak Atas Tanah Pengembangan Kawasan Transmigrasi, penempatan transmigran pada tahun pertama difokuskan pada pemenuhan kebutuhan dasar berupa jaminan hidup, setelah itu dengan pemberdayan ekonomi masyarakat transmigrasi untuk pengembangan produk unggulan, pemanfaatan lahan usaha dan fasilitasi legalisasi hak milik melalui pengurusan Sertifikat Hak Milik.

“Disamping itu, Kementerian Desa PDTT terus meningkatkan moda transportsi berupa jalan melalui Dana Alokasi Khusus Afirmasi,” katanya sembari menyebutkan, akan dikucurkan 3,5 miliar untuk pembangunan jalan tersebut.

Ikut hadir dalam kunjungan tersebut, Anto Pribadi (Direktur Penataan Sebaran Penduduk), Sumardi (Kasubdit Pembangunan Permukiman), Bayu Sugiarto SH (Kasubdit Dokumentasi Pertanahan dari Dirjen PKP2), Dr Conrita Hermanto (Kasubdit Pengurusan Hak Atas Tanah Pengembangan Kawasan Transmigrasi).(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas