H Irfendi Arbi: Irigasi Penting Bagi Petani, Produksi Pertanian Meningkat

H Irfendi Arbi: Irigasi Penting Bagi Petani, Produksi Pertanian Meningkat

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi meresmikan pemakaian saluran irigasi bantuan dari Kementrian Sosial RI lewat Dinas Sosial Kabupaten Lima Puluh Kota, Selasa (24/12/2019). Melalui Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah Jorong Damar Tinggi Kenagarian Sungai Rimbang Kecamatan Suliki, bantuan itu diterima.

Pekerjaan irigasi yang telah selesai dikerjakan ini, dapat digunakan masyarakat dalam penyediaaan dan pengaturan air. Irigasi ini menunjang proses produksi pertanian  lebih meningkat.

“Adanya pemberian air yang tepat waktu dan tepat jumlah, panen akan lebih banyak,” kata H Irfendi Arbi setelah peresmian.

Untuk memastikan produksi pertanian berjalan baik, ketersediaan air irigasi secara berkelanjutan harus bisa dijamin. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Sosial) RI terus berupaya mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

“Jaga dan pergunakan irigasi Sungai Muruah dengan sebaik-baiknya. Sebab, irigasi ini milik kita bersama karena air yang digunakan diperlukan oleh masyarakat luas, baik pertanian, perikanan dan perkebunan,” H Irfendi Arbi mengimbau.

Pengairan Irigasi menuju lahan persawahan ini sangatlah penting., Pasalnya, jika musim kemarau datang, petani tidak perlu lagi kesusahan untuk mencari air jauh-jauh.

Ketua Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah Jorong Damar Tinggi Novia Farina, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mendapat bantuan dari Kementerian Sosial Repubik Indonesia Rp100 juta.

Novia Farina berharap dengan bantuan ini masyarakat dapat memanfaatkan sumber air irigasi dengan baik. Ia berharap kepada pemerintah daerah dan pusat dapat memberikan berupa bantuan-bantuan lainnya guna meningkatkan perekonomian masyarakat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas