H Mukhlis R: PNS Bukan Hanya Rahmat, Tapi PNS Adalah Pelayan Bagi Masyarakat

Wako Serahkan SK CPNS.

Wako Serahkan SK CPNS.

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Walikota Pariaman H Mukhlis R menyatakan menjadi seorang PNS di lingkungannya harus menjadi pelayan masyarakat. Kemudian PNS harus mampu menjadi panutan dan contoh teladan bagi smeua masyarakat di Kota Pariaman.

“Menjadi PNS itu bukan hanya rahmat akan tetapi merupakan pelayan bagi masyarakat. Mereka PNS harus berperilaku baik dan mampu menjadi contoh teladan dan panutan di tengah-tengah lingkungannya,” kata Mukhlis R saat penyerahan SK CPNS daerah Kota Pariaman dari pelamar umum tahun 2014 bertempat di Aula Balaikota Pariaman, kemarin.

Katanya, dengan adanya keputusan pemerintah pusat menetapkan moratorium penerimaan PNS bagi setiap kabupaten dan kota yang memiliki belanja pegawai lebih dari 50 parsen, sedangkan untuk Kota Pariaman berdasarkan pemeriksaan anggaran belanja pegawai menghabiskan 54 parsen.

“Kita pemko melakukan beberapa efesiensi terhadap belanja pegawai dan banyaknya pegawai Pemko Pariaman yang telah memasuki masa pensiun. Dengan kondisi itu memungkinkan pemko untuk melakukan penerimaan CPNS melalui jalur umum,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas katanya, seorang PNS memerlukan keikhlasan, kejujuran, komitmen, disiplin, loyalitas serta integritas agar tugas tersebut dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Pemko Pariaman telah menetapkan suatu kebijakan bagi para PNS di lingkungan Pemko Pariaman untuk tinggal di Pariaman, sehingga diharapkan bagi para PNS dan CPNS yang masih berdomisili di luar Kota Pariaman agar segera tinggal dan menetap di Kota Pariaman.

Lerbih jauh disampaikan Mukhlis R, berbeda dengan beberapa tahun yang silam, pegawai yang menerima SK CPNS hari ini merupakan calon pegawai yang telah lulus seleksi ataupun ujian dengan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). Melalui sistem CAT ini diharapkan aparatur yang direkrut memiliki kualitas yang lebih baik.
Pada kesempatan ini sebanyak 63 orang CPNS telah menerima SK yang terdiri dari CPNS golongan II dan III. Sebagai CPNS semuanya dalam masa ujicoba selama 1 (satu) tahun ini kalau tidak disiplin dalam melaksanakan tugas dapat saja diberhentikan, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah no.53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

“Kami harapkan semua CPNS ini dapat menyadari bahwa menjadi seorang PNS bukan hanya rahmat akan tetapi juga memiliki beban, karena pada dasarnya seorang PNS terikat dengan aturan-aturan yang ada. Dengan kata lain, seorang PNS harus mampu memberikan contoh prilaku yang terpuji kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kota Pariaman Khaidir mengatakan berkas lamaran yang diterima panitia untuk diverifikasi sebanyak 1.135 orang, yang lulus verifikasi berkas sebanyak 980 orang dan mengikuti ujian atau test dengan system CAT (Computer Assited Test) di SMK N 3 Pariaman.

Jumlah formasi penerimaan CPNS untuk Kota Pariaman lanjutnya, tahun 2014 yang disetujui Menpan dan RB RI berjumlah 68 orang, formasi yang terisi berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan dengan system CAT sebanyak 63 orang.

Dari 63 orang yang dinyatakan lulus dan melengkapi bahan untuk proses pemberian NIP ke kantor regional XII BKN Pekanbaru terdiri dari 38 orang golongan III, dan 25 orang golongan II.

Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Sekretaris Daerah Armen, Kepala BKD Khaidir, Kepala SKPD, Camat dan Kabag di lingkungan Pemko Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*