H Muslim Kasim, Hangat di Kalangan Tuo Silek Salingka Marapi jo Singgalang

H Muslim Kasim dan tuo silek di Jam Gadang Bukittinggi.

H Muslim Kasim dan tuo silek di Jam Gadang Bukittinggi.

Advertisements

Bukittinggi, PADANGTODAY.com-Kepemimpinan dan ketokohan seorang H Muslim Kasim Datuk Sinaro Basa menjadi percakapan hangat kalangan tuo silek dan pandeka salingka gunuang marapi saliriak gunuang Singgalang yang tergabung dalam Perkumpulan Seni Silek Tradisi Minangkabau Rancak Basamo (PS2T-MKRB).

”Sebagai seorang pemimpin, Pak Muslim adalah pemimpin yang peduli dan cepat tanggap. Sebagai seorang tokoh, Pak Muslim adalah seorang penghulu yang bijaksana yang memiliki kharisma dan karakter yang lekat dan dekat di hati rakyat badarai”, kata tuo silek Herman Datuk Tumangguang yang juga penasehat PS2T-MKRB) didampingi Ketua Naswir S.Ag Tuanku Sutan dan Sekretaris PS2T-MKRB Oldanafri Malin Saidi, Sabtu (14/3) di Batagak Agam.

”Tidak banyak pemimpin yang peduli kebudayaan. Pak Muslim Kasim pemimpin yang peduli kebudayaan. Beliau di mata kami para pandeka dan tuo silek nan terhimpun di PS2T MKRB adalah seorang Datuk nan benar-benar mengerti dan paham atas kebudayaan Minangkabau. Keberpihakan beliau dan perhatian beliau pada pelestarian dan perkembangan kebudayaan patut sangat untuk kita apresiasi. Terutama sekali, perhatian beliau kepada pelestarian seni silek tradisi Minangkabau, sungguh sangat mengharukan kami”, ujar Datuk Tumangguang yang dianggukkan oleh sejumlah pandeka mudo di jajaran PS2T- MKRB.

”Kami, kito, sarato Pak Muslim, sepakat serta sepandangan untuk melakukan gerakan dan kembali membudayakan beladiri silat di kalangan rang mudo Minangkabau”, timpal Sekretaris PS2T-MKRB Oldanafri.

Datuk Tumangguang mengaku meyakini, bahwa sosok Muslim Kasim adalah pemimpin yang dinanti-nanti di alam Miangkabau yang berfilsafat pada alam takambang menjadi guru.

”Dalam beberapa kali pembicaraan duduak basamo pengurus PS2T-MKRB, kita telah membulatkan kata yang saciok bak ayam sadanciang bak basi, untuk mendukung MK menjadi Gubernur Sumbar periode 2015-2020. Insya Allah, kalau tongkat kepemimpinan kita serahkan pada beliau, saya yakin dan percaya bahwa beliau adalah pemimpin yang amanah yang kelak selalu diingat sepanjang masa baik di ruang mata maupun di ruang rasa,” tukas Datuk Tumangguang seraya menambahkan bahwa dalam waktu dekat tuo silek dan pandeka salingka gunuang marapi saliriak gunuang Singgalang segera menggelar Alek Pandeka dan silaturahmi bersama Muslim Kasim.

”Kita para tuo silek dan ribuan pandeka mudo di PS2T-MKRB siap dan ikut bersama-sama dengan dunsanak yang serasa dan sepandangan untuk mengalangkan leher demi membangkit batang tarandam dalam cita-cita yang sama menjadi pagar nagari di bumi lawik sati rantau batuah,” tukuk Datuk Tumangguang.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*