H Rifa-Zulhikmi Batal Datang di Hari Ketiga Pendaftaran Perseorangan, Minggu Nini Maryon Chatib Bakal Mendaftar ke KPU

Hari Kedua, Pendaftaran Perorangan Masih Kosong, Sabtu Rifa Yendi, Minggu Nini Maryon Chatib

Hari Ketiga, Pendaftaran Perorangan Masih Kosong.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Meski ditunggu hingga penutupan pendaftaran hari ketiga, Sabtu (13/6) belum ada satu pasangan Calon Perseorangan pun yang datang ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Limapuluh Kota. Meja pendaftaran dan perangkat penerima input yang berbasis SILON (Sistem Informasi Pencalonan) yang akan menerima rekap data dari Pasangan Calon Perseorangan untuk dianalisa secara komputerisasi dan berbasis data online.

”Hingga sore ini belum ada yang muncul. Selaku penyelenggara Pemilu, KPU siap sedia menerima pendaftaran Calon Perseorangan dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan,” ujar Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata di depan ruangan pendaftaran.

Komisioner KPU, Kordiv Teknik Budi Mulya menjelaskan, sistem SILON banyak manfaat dan kelebihan. Termasuk mengantisipasi dukungan ganda oleh bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dan memback-up file agar tidak hilang. SILON memudahkan verifikasi bakal calon Bupati, karena datanya sudah tersimpan dalam komputer.

“Dalam software SILON petugas entry data cukup mengisi beberapa blanko formulir pendaftaran yang tersedia dan akan mempermudah partai atau calon perseorangan melakukan pendaftaran,” tuturnya.

Hingga hari ketiga pendaftaran Pasangan Calon Perseorangan Rifa Yendi-Zulhikmi belum menampakkan akan mendaftar. Informasi terakhir yang diterima, menyebutkan tim pasangan ini masih merekap data dukungan di sistem komputer yang telah diberikan KPU.

Pun, jika benar, maka aka nada Pasangan Calon Perseorangan Nini Maryon Chatib dan pasangannya mendaftarkan diri serta menyerahkan berkas dukungan ke KPU di hari keempat, Minggu (14/6). Sesuai janji Nini Maryon Chatib yang akrab dipanggil Bunda ini, bahwa ia akan mendaftarkan diri maksimal di H-1 pendaftaran ditutup.

Persyaratan Dukungan

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lima Puluh Kota Nomor 22 Tahun 2015 tentang Persyaratan Dukungan Calon Perseorangan maka dukungan paling sedikit 31.125 (tiga puluh satu ribu seratus dua puluh lima) jiwa Penduduk yang memiliki hak yang tersebar di 7 (tujuh) Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota;

Dukungan sebagaimana dimaksud dibuat dalam bentuk surat pernyataan dukungan yang berisi : nomor urut, nama lengkap pendukung, NIK atau nomor dokumen kependudukan lainnya, jenis kelamin, alamat, tempat tanggal lahir/umur, belum/sudah/pernah kawin dan tanda tangan/cap jempol,kemudian disusun berurutan mulai jorong dan dijilid per nagari menggunakan formulir Model B.1-KWK PERSEORANGAN;

Dokumen dukungan direkap tiap-tiap nagari dalam Kecamatan dengan menggunakan formulir Rekapitulasi Jumlah Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Model B.2-KWK PERSEORANGAN. Lembar terakhir pengelompokan pendukung per-nagari harus ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan dan dibubuhi materai Rp. 6000,-

Contoh formulir dapat dilihat pada website KPU Lima Puluh Kota di kpu-limapuluhkotakab.go.id atau dapat diambil langsung di Kantor KPU Lima Puluh Kota pada jam kerja. Dokumen dukungan Pasangan Calon Perseorangan dibuat dalam 3 (tiga) rangkap. Dokumen dimaksud diserahkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy. (softcopy berupa file asli dalam bentuk ms.excel). Penduduk yang berhak memberikan dukungan adalah penduduk Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, yaitu telah genap berusia 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari dan tanggal pemungutan suara dan/atau sudah/pernah kawin.

Anggota Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Negeri Sipil, KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU/KIP Kabupaten/Kota, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Panwas Kabupaten/Kota, Panwas Kecamatan, PPL, Pegawai Kesekretariatan Penyelenggara Pemilihan dan Pengawas Pemilihan tidak dapat memberikan dukungan kepada Pasangan Calon Perseorangan.

Penyerahan dokumen dukungan dimulai tanggal 11 Juni s/d 15 Juni 2015 pukul08.00 s/d 16.00 WIB, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Lima Puluh Kota Jln. Raya Negara Km. 6 Tanjung Pati, dan untuk perbaikan jumlah syarat dukungan paling lambat tanggal 15 Juni 2015 sebelum pukul 16.00 WIB.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas