H Suparman SPd, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh: Ringan Tangan dan Resonansi Hamka

H Suparman SPd, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh: Ringan Tangan dan Resonansi Hamka

H Suparman SPd, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh: Ringan Tangan dan Resonansi Hamka

Haji Suparman. Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh ini mengilhami resonansi Hamka. “Manusia itu asalnya dari tanah, makan hasil tanah, berdiri di atas tanah, akan kembali ke tanah. Masihkah kita bersifat langit?”

 

 

Catatan : Dodi Syahputra

 

Lulusan Ilmu Hukum Universitas Negeri Padang ini paham betul dengan semangat pendidikan. Bahwa melakukan itu menunjuk ajar perubahan yang diinginkan. Tidak hanya bicara, H Suparman, selalu melaksanakan.

Misal sederhana, dalam rumitnya tugas selaku Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, H Suparman selalu menyempatkan diri untuk peduli dengan lingkungan. Bantuan dan uluran tangan diberikannya bagi siapa yang membutuhkan.

Mulai dari masyarakat yang tertimpa musibah sampai membantu beasiswa anak sekolah. Semuanya dilakukan tanpa banyak publikasi. H Suparman SPd peduli terhadap masyarakat Kota Payakumbuh. Ia menolong sekuat kemampuannya.

Olahraga Panahan

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Payakumbuh ini di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2016 lalu di Kota Padang, langsung menggebrak prestasi dengan memboyong beberapa medali. Luar biasa. Latihan rutin dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota di Poliko.

Olahraga panahan sendiri menjadi salah satu tumpuan harapan Kota Payakumbuh untuk meraih medali di Porprov XV 2018 ini di Padang Pariaman. Peningkatan raihan medali dipercaya akan diraih atlet-atlet muda berbakat Perpani Kota Payakumbuh.

Pendidikan

Kini, membina sekolah yang dulu dirintisnya bersama dukungan keluarga serta karib lainnya, telah membesarkan SD Islam Mutiara Hati. Bagi H Suparman pendidikan tidak bisa tidak, harus jadi pondasi utama. Pria kelahiran Batu Hampar, 20 April 1975 ini sudah sempat menamatkan sekolahnya.

Selama 6 tahun lamanya, ia bekerja penuh tekun di perkebunan teh di Kayu Aro. Melihat tekunnya sosok H Suparman, bekerja dan belajar, seorang guru lalu memasukkannya ke SMAN 1 Kayu Aro. Di sini, jiwa kepemimpinan dan organisasi mantan Ketua OSIS MtsS Kayu Aro terbukti lagi.

Ketua OSIS SMAN 1 Kayu Aro, lalu Ketua MPK SMAN 1 Kayu Aro diamanahkan ke H Suparman. Melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri Padang, H Suparman dipercaya oleh warga kampusnya, selaku Ketua FSDI (Forum Studi Dinamika Islam) FIS UNP lalu melambung menjadi Ketua BEM FIS UNP.

Tak dinyana, pria tekun dan bersahabat ini, kemudian terpilih secara demokratis lewat Pemilu Raya di UNP menjadi Presiden BEM UNP. Karirnya di organisasi mahasiswa seiring suksesnya di bangku kuliah.

KADER PKS

Kader Partai Keadilan sejak menamatkan kuliahnya di UNP ini, lalu didaulat jadi Sekretaris DPD PKS Kota Payakumbuh. Sukses kinerjanya selaku Sekretaris Partai, H Suparman didapuk jadi Ketua DPD PKS Kota Payakumbuh. Tak salah Dai yang biasa dari Mushalla ke Masjid mengisi banyak pengajian ini, terdapuk pula sejak tahun 2014 lalu jadi Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Kini Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh ini tak pernah berkurang ritme kegiatan sosial masyarakat dan dakwahnya. Ringan tangan dan selalu lesa jika hendak membantu sesama. Itulah H Suparman, SPd sosok dan sifatnya yang penuh keramahan menjadi tauladan bersama. Amin.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas