H. Zakaria Apresiasi Khatam Al-Quran Warga Binaan LPKA II Tanjung Pati

H. Zakaria melewati gerbang LPKA II Tanjung Pati

H. Zakaria melewati gerbang LPKA II Tanjung Pati

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Suasana berbeda terlihat di Lembaga Permasyarakatan Khusus Anak (LPKA) II Tanjung Pati, Senin (10/10). Bertempat di Masjid megah di tengah-tengah komplek LPKA II Tanjung Pati, dilaksanakan kegiatan Khatam Al-Quran bagi warga binaan.

Kepala LPKA II Tanjung Pati Agus Rachmat Amin dalam sambutanya menjelaskan, kegiatan Khatam Al-Quraan ini bersamaan dengan momentum peringatan 1 Muharam.

“Saya ingin mengajak semua untuk memahami nilai yang terkandung dalam semangat  hijrah. Semua warga binaan memiliki kesempatan yang sama untuk hijrah kearah yang lebih baik lagi,” ungkap Agus.

Dijelaskannya pula, secara program terdapat dua aspek pembinaan yang dilakukan oleh LPKA II Tanjung Pati kepada warga binaan. Pertama, aspek kepribadian.

“Target kita ialah memastikan warga binaan dapat merubah kepribadian. Salah satunya melalui pendekataan keagaman. Kedua, aspek kemandirian yang lebih menekankan kepada persiapan untuk kehidupan warga binaan setelah menyelesaikan masa tahanan,” pungkas Bapak yang sudah empat tahun menjadi Kepala LPKA II Tanjung Pati ini.

Sementara itu, Kasi Pd. Pontren Kemenag Limapuluh Kota H. Zakaria dalam arahanya menyampaiakan apresiasinya.

H. Zakaria Apresiasi Khatam Al-Quran Warga Binaan LPKA II Tanjung Pati

H. Zakaria Apresiasi Khatam Al-Quran Warga Binaan LPKA II Tanjung Pati

“Atas nama pribadi dan kelembagaan saya menyampaikan apresiasi, serta rasa bangga atas kegiatan Khatam Al-Quran bagi warga binaan di LPKA ini. Kegiatan kita hari ini merupakan satu terobosan baru yang perlu dicontoh oleh LP lainnya di seluruh Indonesia,” harap Zakaria.

Di hadapan para warga binaan, Zakaria melanjutkan bahwa karena kasih sayang Allah, warga binaan sampai di LPKA II. Allah S.W.T jemput warga binaan yang telah telajur berbuat kesalahan untuk kembali kepada jalan yang benar.

“Saya ingin memotivasi seluruh wargaa binaan, orang yang miliki kesalahan pasti memilki masa depan. Allah.S.W.T memiliki pintu taubat yang sangat luas bagi hamba-hambanya yang bersungguh-sungguh untuk berubah,” lanjut Bapak mudah senyum ini.

Mendalam disampaikan pula, Zakaria mengajak untuk menjadikan kesalahan masa lalu sebagai bahan introspeksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa datang.

“Tidak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Ini bukan akhir dari segalanya, ini adalah gerbang awal untuk berbuat menjadi lebih baik”, simpul alumni IAIN Imam Bonjol ini.

Kegiatan pembukaan Khatam Al-Quaran bagi warga Binaan LPKA II Tanjung Pati juga dihadiri oleh KUA Kecamatan Harau, Unsur Pemerintah Daerah dan para pejabat di lingkungan Kerja LPKA II Tanjung Pati. 87 orang tercatat sebagai warga binaan yang menjalakan hukuman di LPKA II Tanjung Pati dengan daya tampung 163 orang.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*