Hadapi Era Industri 4.0, Korem Sumbar Tata Workshop Denzibang

   Padang-today.com – Komando Rayon Militer (KOREM) 032/ Wirabraja Sumbar menyiapkan workshop perbengkelan dan studi mesin bagi prajurit TNI.

   “Gudang Workshop Denzibang 5/1 Padang dibersihkan guna mendukung terlaksananya kegiatan Workshop Perbengkelan dan Study Mesin bagi prajurit KOREM 032/Wbr,”kata  Komandan Korem (Danrem) 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo di Padang.

   Menurut Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,  kegiatan Workshop Perbengkelan dan Study Mesin Korem 032/Wbr yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

  “Workshop ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk study mesin dan perbengkelan serta sebagai tempat untuk meningkatkan kemampuan dan transfer skill bagi prajurit KOREM 032 dalam menghadapi era industri 4.0 dengan memberdayakan potensi lokal yang nantinya dapat membantu kesulitan rakyat dan menjawab permasalahan yang ada diwilayahnya,”pungkas dia.

    Dikatakan oleh Danrem bahwa saat ini teknologi berkembang sangat pesat. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, ternyata tidak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya.

  Untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) prajurit yang sesuai dengan tantangan era Industri 4.0., salah satu caranya adalah lewat pelatihan dan kursus bagi prajurit TNI, khususnya prajurit Korem 032/Wirabraja untuk mengikuti dan menguasai perkembangan bidang teknologi yang menjadi pilar Industri 4.0.

“Kualitas prajurit harus ditingkatkan sejalan dengan era industri 4.0 untuk mendukung program pemerintah ke depan SDM prajurit harus dapat dijabarkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas  prajurit TNI sebagai SDM yang mumpuni”,tutur Kunto.

    Oleh sebab itu,  kita harus mempersiapkan diri dengan cara memiliki keterampilan dan melatihnya, atau menanamkan semangat dalam diri kita masing-masing, maupun menjadi orang yang mengikuti perkembangan teknologi atau melek teknologi, serta menjadi prajurit yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan hal-hal yang baru.

   “Dengan begitu kita akan siap menjadi prajurit yang akan menjadi inspirasi generasi penerus serta menginspirasi  banyak orang,”jelas Danrem.

  Lebih lanjut dijelaskan bahwa, guna memastikan penyiapan sumber daya manusia yang selaras dengan dinamika era industri 4.0, Workshop yang diselenggarakan oleh Korem 032/Wbr ini nantinya juga melibatkan pelaku dari dunia pendidikan.

   Salah satunya adalah SMK Yayasan Kartika yang berada langsung dibawah binaan Korem 032/Wbr untuk menyiapkan dan mendampingi generasi muda ini dengan ketrampilan agar bisa mengisi peluang kerja dalam era Indusri 4.0 kedepan.

   “Program-program yang dijalankan di dalam workshop nantinya diharapkan menghasilkan karya nyata, berkualitas dan aplikatif untuk menjawab masalah yang ada di lapangan serta  pengembangan keterampilan dan sumber daya manusia prajurit demi mendukung tugas pokok,”imbuh Kunto.

   Hadir juga dalam kegiatan aksi bersih yakni Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Edi Nurhabad. Para Kasi Rem 032, Para Dan/Kabalak Rem 032 serta seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 032 wilayah Padang. (*rel/dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas