Hadapi Ratusan Peserta, Kasman Arifin: Jadi Pengusaha Harus Berani

Dr. H. Kasman Arifin ZA berdiskusi dengan salah satu peserta seminar.

Dr. H. Kasman Arifin ZA berdiskusi dengan salah satu peserta seminar.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sebagai bentuk kesungguhan pembangunan jiwa entrepreneur para mahasiswa, berbagai seminar dan pelatihan kewirausahaan digalang beragam kalangan. Salah satunya oleh Himpunan Mahasiswa Budidaya Tanaman Pangan, Politeknik Pertanian Payakumbuh.

Mengusung tema “Technopreneurs dalam Bisnis Global”, seminar tersebut menghadirkan Dr. H. Kasman Arifin ZA sebagai pemateri. Seminar yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Politani Payakumbuh, Sabtu (10/12/2016).

Di hadapan peserta, Kasman Arifin memaparkan pentingnya menjadi seorang wirausahawan. PhD di Jurusan Business and Law, Multi Media University ini menyampaikan potensi wirausaha tidak hanya sekadar pencapaian profit. Lebih dari itu, menurutnya menjadi seorang pengusaha merupakan peluang tersendiri bagi penyediaan lapangan pekerjaan baru.

“Saat ini persaingan di dunia kerja cukup tinggi. Tenaga kerja kita harus meningkatkan kualitas diri untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja lain. Hal itu terutama bagi para mahasiswa yang nantinya baru lulus dan menyelesaikan studinya,” terang Kasman.

Ditambahkan oleh Direktur di Carieer Development, Universitas Islam Riau ini bahwa selain menjawab tantangan kebutuhan lapangan pekerjaan, berwirausaha dapat menjadi ladang amal bagi pelakunya.

“Dengan memiliki banyak karyawan, tentunya kita akan didoakan oleh banyak orang pula. Karyawan yang kita miliki akan senantiasa mendoakan kesuksesan usaha kita. Ini tak sekadar profit, tapi juga sumber doa-doa baik untuk kita dan banyak orang lainnya,” jelas Kasman antusias.

Sesi tanya-jawab, diajukan oleh salah satu dosen Politani Payakumbuh.

Sesi tanya-jawab, diajukan oleh salah satu dosen Politani Payakumbuh.

Dalam sesi diskusi, para peserta tak kalah bergairah dalam menanggapi materi yang diberikan oleh Doktor yang akrab disapa Kaza ini. Annisa, salah seorang mahasiswa yang juga menjalankan usaha berskala mikro misalnya, menanyakan mengenai manajemen yang tepat dalam menjalankan usaha. Termasuk dalam mengelola kinerja karyawan, serta manajemen hasil yang diperoleh.

Selain keuntungan dalam berwirausaha, Kasman tidak memungkiri adanya beragam kesulitan yang akan dihadapi. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman panjang selaku konsultan bisnis, ia menjelaskan pentingnya keberanian untuk siap rugi sewaktu-waktu dalam berwirausaha. Hal ini, menurut Kasman, dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, Kasman menitikberatkan pentingnya menyusun business plan dan SOP tata kelola usaha yang dijalankan. Selain itu, menurut Kasman, keberanian mengambil keputusan dalam kegiatan adalah salah satu kunci utama dari berhasil-tidaknya usaha yang dijalankan. Kasman juga memberi catatan untuk tidak melakukan multitasking dalam pengembangan usaha, guna mengantisipasi kegagalan beruntun selagi usaha berjalan.

Di akhir acara, Ir. Surya Murizal, M.Si mewakili Jurusan Budidaya Tanaman Pangan turut meresmikan kegiatan IKS Hima-Pangan Politani Payakumbuh. Melalui kegiatan tersebut, Surya Murizal berharap dapat terbentuk pengembangan bagi para mahasiswa di bidang wirausaha.

Ketua Hima-Pangan Politani Payakumbuh, Chandra Arif Setiawan menyampaikan harapannya terhadap peserta seminar tersebut. Ia mengharapkan para peserta dapat terpacu gairah dan motivasinya dalam berwirausaha. Selain itu, Ketua Panitia Seminar M. Afdhal Fikri mengamini keinginan Ketua Hima tersebut.

“Nanti peserta akan diberi peluang mengajukan proposal kegiatan pada Hima-Pangan. Proposal dalam bentuk usulan usaha mahasiswa tersebut nanti akan dibantu dalam pembiayaan oleh kampus. Dengan demikian, diharapkan gairah wirausaha mahasiswa Politani Payakumbuh dapat tersalurkan,” ungkap Afdhal.(Novaldi Herman)

Acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas