Hajatan Pariwisata, Hampir Tiba Pemilihan Uda-Uni Wisata Limapuluh Kota

Uda-Uni  Limapuluh Kota

Uda-Uni Limapuluh Kota

Advertisements

LIMAPULUH KOTA, PADANGTODAY.com- Telah datang pula hajatan pariwisata, “Pemilihan Uda-Uni Duta Wisata Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2014”. Gelaran akbar pemilihan duta wisata Luak Nan Bungsu ini akan dikemas dalam beberapa tahapan. Jadwal seleksi mulai 15 September hingga grand final 8-13 Oktober mendatang.

Kadis Budparpora Novyan Burano bersama Kabid Pariwisata Ali Hasan dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Kantor Dinas Budparpora, kemarin. Novyan Burano menjelaskan bahwa iven pemilihan ini akan dilaksanakan dari tahapan seleksi di kecamatan terlebih dahulu. Pemenang Uda-Uni Wisata tahun 2013; Intan Yanelda (Suliki) dan Rifki Hidayat (Guguak).
”Untuk seleksi di kecamatan, Disbudparpora bekerjasama dengan Ikatan Uda-Uni Limapuluh Kota atau alumni pemilihan, sehingga akan diperoleh hasil seleksi di tingkat kecamatan yang kualified dan unggul. Kita berharap bahwa, hasil pemilihan uda-uni pariwisata yang lalu hingga sekarang terus memberikan kontribusi kinerja bagi perkembangan kepariwisataan di Limapuluh Kota,” ujar Novyan Burano yang memiliki kepekaan tinggi terhadap pariwisata ini.

Sebagai persyaratan awal, peserta merupakan utusan kecamatan (umum), utusan SLTA dan utusan perguruan tinggi yang berada di Kecamatan terkait se-Kabupaten Limapuluh Kota. Kemudian akan mengikuti seleksi awal untuk menjaring 1 (satu) pasang peserta per Kecamatan selanjutnya mewakili kecamatan mengikuti sesi pembekalan dan jumlah Peserta yang akan mengikuti Pembekalan adalah sebanyak 13 (tiga belas) pasang peserta.

Lalu disebutkan persyaratan berikutnya; berumur 17-24 tahun, pendidikan minimal SMU/sederajat, pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar, berpenampilan menarik, bisa baca Al Qur’an, menguasai bahasa asing (minimal bahasa Inggris pasif), belum menikah, tinggi pria minimal 160 cm, wanita 155 cm, berat badan seimbang dengan tinggi badan, melampirkan foto close-up ukuran 4 R (2 lembar) pada saat pendaftaran, peserta datang langsung membawa semua persyaratan (tidak bisa diwakilkan), pendaftaran peserta dilaksanakan di kecamatan masing-masing dimana peserta berdomisili.

Persyaratan berikutnya; peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi awal akan mengikuti pembekalan, selama rangkaian acara dilaksanakan tidak dibenarkan peserta membawa Hp (handphone) dan kamera.

Nah, Ali Hasan, kemudian menerangkan bahwa untuk seleksi awal akan dilaksanakan oleh tim seleksi yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota dan Ikatan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Limapuluh Kota. Dilaksanakan di 13 Kecamatan se-Kabupaten Limapuluh Kota yang merupakan seleksi untuk menjaring 1 (satu) pasang peserta yang merupakan berasal dari umum, utusan SLTA dan Perguruan Tinggi.

”Untuk seleksi di tingkat kecamatan ini, calon peserta pemilihan Uda Uni Wisata harus pula melengkapi kelengkapan administrasi; KTP, Kartu Keluarga, Rekomendasi Camat/Sekolah/Perguruan Tinggi,” ungkap Ali Hasan. Dalam konten pemilihan tingkat kecamatan juga akan diujikan wawancara pengetahuan promosi tentang potensi pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota.(malin)​

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*