Ali Mukhni: Hama Babi Merupakan Musuh Utama Bagi Petani

Ali Mukhni Bupati Padang Pariaman.

Ali Mukhni Bupati Padang Pariaman.

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Bupati Padangpariaman H. Ali Mukhni menyatakan hingga kini hama babi merupakan musuh utama para petani dalam daerahnya. Dengan cepatnya penambahan populasi babi di daerahnya. Sehingga berbagai jenis tanaman masyarakat menjadi sasarannya.

Melihat kondisi demikian Bupati Ali Mukhni mengajak masyarakat menggalakan kegiatan buru babi yang dikoordinir oleh Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) se Padangpariaman. “Saya mengaku sering berburu babi setiap minggunya sekaligus berbaur dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat,” katanya kepada POSMETRO, kemarin usai berburu babi bersama masyarakat di Korong Surantiah, Buayan, Lubuk Aluang.

“Hama babi adalah musuh utama petani. Untuk itu bersama Porbi dan penggemar buru babi kita galakkan kegiatan berburu babi di Padang Pariaman. Selain itu kita juga bisa dengar aspirasi dan berbaur dengan masyarakat untuk menjalin jembatan hati,” kata Bupati yang juga pembina Porbi ini.

Disetiap arena buru babi, Bupati Ali Mukhni selalu membawa anjing berburu yang ia beri nama kijang. Konon ceritanya kijang ini telah terkenal dengan kepiawaiannnya dalam berburu. Bahkan kijang selalu yang terdepan dalam mengejar dan membunuh babi di hutan.

“Adat berburu sangatlah tinggi, karena apabila kita sengaja meludahi anjing berburu maka akan dikenai denda,” ujarnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas