Hamas Setuju Gencatan Senjata Selama 5 Jam

hamas-setuju-gencatan-senjata-lima-jam-atasPalestina, PADANGTODAY.com – Hamas pada Kamis pagi setuju untuk melakukan gencatan senjata Gaza sementara yang diminta PBB atas dasar kemanusiaan setelah serangan Israel telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina, termasuk empat anak laki-laki yang tewas di daerah pantai kemarin akibat peluru yang ditembakkan dari sebuah kapal angkatan laut.

“Hamas setuju untuk gencatan senjata selama lima jam, mulai dari pukul 10.00 waktu setempat (14.00 WIB) Kamis,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zukhri dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Kamis (17/7), mengutip laporan Agence France-Presse (AFP).

Pada Rabu, Israel setuju untuk menerapkan jeda lima jam pemberhentian pemboman atas dasar “kemanusiaan” dari serangkaian serangan sudah berlangsung selama sembilan hari atas Gaza. Israel mengatakan akan mengadakan gencatan senjata pada Kamis mulai pukul 10.00 waktu setempat (14.00 WIB) di bawah rencana yang ditengahi PBB untuk memungkinkan warga Palestina memperlengkapi persediaan.

Tapi ISrael bersumpah akan membalas dengan tegas jika Hamas atau kelompok militan lainnya melancarkan serangan terhadap Israel selama waktu itu.

“Robert Serry, koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, telah meminta Israel untuk menyetujui “jeda kemanusiaan sepihak” sehingga makanan, air dan kebutuhan lainnya dapat dikirim ke Gaza,” ujar wakil juru bicara PBB Farhan Haq.

“Serry akan mendesak pihak Gaza untuk menghormati jeda itu,” lanjut dia.

Sebelum kesepakatan mengenai gencatan senjata lima jam itu berlaku, Hamas secara resmi menolak gagasan gencatan senjata dari Mesir antara gerilyawan Jalur Gaza dan Israel pada Rabu pagi. Sebagai tanggapan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan memperluas dan meningkatkan aksinya terhadap Hamas dan organisasi gerilyawan lainnya di Jalur Gaza sampai penembakan roket dari Gaza dihentikan.

(ara/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas