Haraga Sewa Kios Dinaikkan Hingga 500 Persen, Pedagang Palembayan Meradang

 

Advertisements

Palembayan, PADANGNTODAY.com-Para pedagang pasar Palembayan Kecamatan Palembayan meradang akibat dinaikkannya sewa kios sampai 500 persen oleh Badan Perwakilan Pemilik Pasar (BP3) bersama Wali Nagari, Badan Musyawarah (Bamus) dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Palembayan.

Menurut salah seorang pedagang, Sulaiman (57), rencana dinaikkannya sewa kios oleh BP3, Bamus, Walinagari dan KAN, tanpa terlebih dahulu mengajak musyawarah pedagang, sehingga mereka menaikkan harga sewa dengan seenak hati mereka.

“Kami atas nama pedagang yang berjualan di pasar Palembayan lebih kurang 200 pedagang, sangat menolak kenaikan harga sewa kios yang telah di tetapkan oleh pihak pasar, karena penetapan biaya sewa terssebut sangat memberatkan kami. Kami disini berjualan hanya sekali dalam seminggu, yakni hari Sabtu, namun mereka menaikkan harga sewa dengan sangat besar. Dulu kami hanya membayar Rp 180 ribu dalam setahun, namun sekarang dinaikkan menjadi Rp 1 juta pertahunnya. Ini kan sama dengan membunuh kami para pedagang” ujar Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, alasan lain penolakan kenaikan harga sewa kios ini, karena ketidak jelasan dari pihak pengelola yang tergabung dari Pihak Nagari, Bamus dan KAN yang terkesan memanipulasi pedagang untuk meraup untung sendiri.

“Kami akan tetap menolak, kenaikan 500 persen bagi kami sangat memberatkan. Kami meminta kenaikan cukup 100 persen saja, namun mereka tidak menggubris permintaan kami, malah kami diancam, kalau tidak mau ikut aturan, silahkan keluar dari pasar selambat-lambatnya tanggal 7 Maret 2015 pukul 16:00 WIB” tambahnya.

Selain itu para pengelola juga mengatakan, apabila para pedagang tidak melaksanakan pengembalian pendaftaran permohonan penyewaan kios dalam waktu yang telah di tetapkan, maka pedagang akan di tuntut secara hukum untuk pelanggaran aturan perundang-undangan yang berlaku, yakni Perda Agam no.2 Tahun 2004 tentang pasar, dan KUHP Pasal 372.

Pengelola pasar berencana menaikkan sewa kios sesuai dengan kelas seperti kelas I dengan harga 1.250.000 per tahunnya, Kelas II 1.000.000 pertahunnya, kelas III 7.00.000 per tahunnya, kelas IV 5.00.000 per tahunnya.

Ketika di hubungi wartawan untuk mengkonfirmasi kenaikan harga sewa kios tersebut, para pengelola pasar tidak mau berkomentar tentang hal itu.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*