Harapkan Kesejahteraan, Irfendi Serahkan PKH

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan PKH secara simbolis bagi para Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Jorong Gurun Nagari Situjuah Banda Dalam di halaman kantor Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Selasa (4/10).

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan PKH secara simbolis bagi para Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Jorong Gurun Nagari Situjuah Banda Dalam di halaman kantor Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Selasa (4/10).

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengharapkan para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukannya, agar harapan peningkatan kesejahteraan benar-benar terwujud.

Hal itu disampaikan Irfendi ketika menyerahkan PKH secara simbolis bagi para Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Jorong Gurun Nagari Situjuah Banda Dalam di halaman Kantor Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Selasa (4/10).

“Kita berharap para penerima bantu program PKH ini bisa meningkatkan kesejahteraannya dan masa berikutnya tidak hidup miskin lagi. Selain untuk peningkatan ekonomi, bantuan ini hendaknya juga mampu  meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan keluarga penerimanya,” ujar Irfendi.

Irfendi berharap, program PKH mampu mengurangi dan memutus rantai kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat di daerah ini. Selain itu juga buat menutupi biaya pendidikan, kesehatan dan juga layanan kesejahteraan sosial para penerimanya.

“Dengan adanya bantuan ini kita berharap tidak ada lagi anak yang putus sekolah. Sebab, pendidikan yang rendah dikhawatirkan akan membuat kemiskinan semakin meningkat. Karenanya, mari kita dukung program perintah ini terutama dari para penerima manfaatnya,” tutur Irfendi sembari mengajak semua pihak bersinergi mengentaskan kemiskinan tersebut.

Lebih lanjut Irfendi menuturkan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini, ia memastikan akan memberikan perhatian dan prioritas terhadap berbagai program yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Peningakatan kesejehteraan masyarakat itu merupakan visi dan misi kita,” ucap putra Koto Tangah Simalanggang ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Husin Daruhan, SH kepada wartawan menyebut, penerima PKH tahap III gelombang 4 tahun 2016 berjumlah 2,197 milyar  rupiah dengan jumlah penerima sebanyak 5.196 KSM. Khusus di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, bantuan diperoleh 390 KSM termasuk di dalamnya buat Nagari Situjuah Banda Dalam bagi 83 KSM.

“Bantuan PKH tersebut disalurkan melalui rekening masing-masing KSM. Untuk tahap III gelombang 4 sudah bisa diambil para penerimanya dalam bulan ini ke kantor PT Pos Indonesia,” ucap Husin.

Dikatakannya, PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada KSM yang harus melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang ada. Secara khusus, tujuan PKH ini antara lain untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan taraf pendidikan, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil (bumil), ibu nifas, bawah lima tahun (balita) dan anak prasekolah anggota KSM.

Ikut hadir dalam acara itu Kapolsek Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari Situjuah Banda Dalam Benni Balatamon, Kepala Pos Situjuah Limo Nagari dan sejumlah pejabat lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas