Harga Cabai Merah Melambung

Padangpanjang- PADANGTODAY.com-Menjelang hari Raya Idul Adha 1435 H, harga kebutuhan pokok dipasar tradisional Padangpanjang mulai merangkak naik. Kenaikan harga lebih terlihat pada harga cabai merah yang melambung tinggi hingga 47 persen, Jumat (3/10) kemarin.

Dari pengamatan di lapanga, kenaikan harga kebutuhan pokok memang sudah menjadi tradisi sebuah pasar menjelang hari besar nasional,  dimana kenaikan sembako cukup signifikan jika dibandingkan hari biasanya dan akan kembali stabil satu pekan setelah hari besar dirayakan umat.

“ Harga cabai naik dari Rp34 ribu perkilogram menjadi Rp50 ribu perkilogram, kenaikan ini memang kerap terjadi sepekan sebelum hari-hari besar itu datang,” Sebut Rida(37) salah seorang pedagang cabai pasar Padangpanjang.

Lanjutnya, selain harga cabai, sebahagian barang pokok juga mengalami kenaikan yakni harga beras, dari Rp10 ribu, menjadi Rp12 ribu perkilogram.” Namun, tak semua barang harian yang mengalami kenaikan, dimana harganya masih stabil seperti hari biasanya, “Ungkap Rida sambil melayani pembeli cabainya.

Kenaikan cabai memicu beberapa faktor, selain penyambutan hari raya Idul Adha mendatang, juga berkurangnya pasokan cabai di pasar Padangpanjang ulah cuaca belakangan ini memburuk yang mempengaruhi hasil panen petani cabai.

“Selain kurang nya pasokan cabai, belakangan ini permintaan cabai juga mengalami peningkatan dari biasanya, dimana masyarakat begitu membutuhkan cabai untuk persiapan hari lebaran kurban mendatang,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Padangpanjang Reflis mengatakan, harga bahan pokok di daerah itu sejauh ini tidak mengalami perubahan yang siginifikan, “Harga masih stabil seperti biasanya, kecuali untuk cabe merah. Komoditi ini biasanya juga sulit diprediksi,”katanya.

Harga bahan pokok di Kota Padangpanjang saat ini seperti beras berkisar Rp10 ribu sampai Rp12 ribuperkilogramnya, sesuai dengan kualitas beras tersebut. Untuk gula pedagang masih menjual Rp12 ribu perkilogram, minyak goreng tanpa merek Rp12 ribu perkilogram.

Kemudian tepung terigu merek segi tiga biru Rp 8 ribu perkilogram, daging sapi Rp100.000 perkilogram, telor ayam broeler Rp1ribu  perbutir, cabe rawit Rp30 ribu perkilogram, bawang merah Rp 20 ribu perkilogram, Kacang kedele, Rp10 ribu perkilogram, ketela pohon Rp9 ribuperkilogram, jagung pipilan 6.5 ribu perkilogram. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas