Harga Kebutuhan Pokok di Padang Panjang Naik

Padangpanjang, padang-today- Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Padang Panjang cenderung mengalami kenaikan pasca lebaran Idul Fitri 1437 hijriah. “Ada beberapa komoditi kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan pasca lebaran di Padang Panjang,” kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Padang Panjang Junaidi di Padang Panjang, Rabu.

Advertisements
Kondisi itu diketahui oleh Dinas Koperindag setelah adanya pemantauan harga kebutuhan pokok ke pasar tradisional Padang Panjang.
Kenikan harga sejumlah kebutuhan pokok itu katanya, akibat pasokan berkurang dari produsen kepada pedagang yang ada di Pasar tradisional Padang Panjang, sementara kebutuhan tinggi.
Kalau pasokan berkurang, maka akan berpengaruh terhadap harga barang, kondisi itu terjadi secara otomatis dan sudah merupakan hukum pasar.
“Seperti yang dialami harga sejumlah kebutuhan pokok di Padang Panjang saat ini,” ujarnya.
Untuk harga beras kualitas I mengalami kenaikan dari Rp11.000 perkilogram menjadi Rp12.000 perkilogram, beras kualitas II naik dari Rp10.000 perkilogram menjadi Rp11.000 perkilogram.
Kenaikan juga terjadi pada tepung terigu merek segi tiga biru dari Rp9.000 perkilogram menjadi Rp10.000 perkilogram. Kemudian cabai merah naik dari Rp30.000 perkilogram kenjadi Rp39.000 perkilogram.
Sedangkan untuk bawang merah mengalami kenaikan dari Rp32.000 perkilogram menjadi Rp35.000 perkilogram dan bawang putih naik dari Rp30.000 perkilogram menjadi Rp37.000 perkilogram.
Masyarakat Padang Panjang, Nurmatias mengharapkan, harga sejumlah kebutuhan pokok itu bisa stabil seperti sebelumnya, sehingga tidak mempengaruhi daya beli masyarakat.
“Mudah-mudahan harga kebutuhan pokok itu bisa normal kembali dan kelangkaan barang tidak terjadi,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*