Hari Bhakti IDI Ke 110, Memantik Kebangkitan Partisipasi Penyandang Disabilitas

Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menjamu penyandang disabilitas di Gazebo Indo Jolito dalam rangka Hari Bhakti IDI ke 110.(ddy)

TANAH DATAR, www.padang-today.com,-
Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 110, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tanah Datar rangkul penyandang disabilitas untuk mematik hari bersejarah sebagai motifasi dan sebagai bentuk perjuangan menumbuhkan rasa kesadaran sebagai bahagian dari masyarakat.

Sebagaimana perjuangan Boedi Oetomo di masa lampau, disabilitas saat ini pun tengah berjuang untuk memperoleh kesetaraan hak. Berbagai organisasi disabilitas didirikan dengan berbagai latar belakang, demi satu tujuan, yakni menghapus diskriminasi di tanah air.

Hal itu, dijadikan moment bagi IDI Tanah Datar memperingati hari bhaktinya dengan mengundang penyandang disabilitas se Tanah Datar, melakukan buka bersama di Gazebo Indo Jolito, Minggu (20/05/18) dengan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi.

Ketua IDI Tanah Datar dr. Ori Jhon kepada media ini menyebutkan jika hari bhakti IDI kali ini, melakukan kegiatan dengan mengundang sekitar seratusan penyandang disabilitas se Tanah Datar, guna menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai ‘orang Indonesia’.

“Selain melakukan buka bersama, IDI juga melakukan cek kesehatan bagi seluruh penyandang disabilitas secara gratis di seluruh Tanah Datar,” ungkap Ori Jhon.

Hari Bhakti IDI ini, ucap Ori Jhon sekaligus memaknai harkitnas yang jatuh pada tanggal 20 Mei. Dimana katanya, untuk mengingat kembali perjuangan bangsa pada saat itu bangkit dan itu berlaku bagi setiap orang dengan kondisi apapun.

“Keterbatasan bagi mereka bukanlah suatu halangan bagi kita untuk berbagi. Mereka harus bangkit, mereka juga bahagian dari rakyat Indonesia yang harus diberi dorongan untuk tetap semangat,” tutur Ori.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, jika kekuatan yang utama diberikan kepada mereka penyandang disabilitas adalah dukungan dan dorongan yang positif agar jiwa mereka bisa berkembang.

“Bentuk partisipasi dari pihak IDI Tanah Datar merupakan bentuk kepedulian yang sangat tinggi. Tidak ada rintantangan yang bisa menghalangi semangat mereka sebagai bahagian dari masyarakat Tanah Datar,” ungkap Bupati.

Penyandang disabilitas sebut Bupati, juga telah membuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, Keterbatasan tidak pernah menjadi penghalang bagi mereka untuk selalu semangat menjalani kehidupan, pungkas Irdinansyah yang didampingi Setdakab dan beberapa Kepala OPD . (ddy )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*