Hari Ini Pengprov Percasi Sumbar Gelar Kejuaraan Daerah

Catur .

Catur .

Padang, PADANGTODAY.com-Hari ini (6/11) Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar dijadwalkan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejuda) di GOR Agus Salim, 6-9 November 2014.

Ajang ini dihelat guna mencari pecatur yang disiapkan pada Kejurnas Catur 2014 di Makassar, November 2014, mempertandingkan beberapa nomor Kelompok Umur (KU), masing-masing KU Senior dan KU Junior putra dan putri.

“Mereka yang berhasil menjadi juara dimungkinkan berlaga ke Kejurnas. Namun tidak semua pecatur yang bisa kami bawa, Hal tersebut tergantung dana yang kita miliki, “kata Sekretaris Umum Percasi Sumbar, Novri Sastra, di Padang, Kamis.

Sebanyak 19 Pengurus Cabang (Pengcab) Percasi Sumbar ambil bagian dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) catur yang digelar di halaman parkir bagian selatan GOR Agus Salim Padang, dari tanggal 6 November hingga 9 November nanti.

Pada pembukaan Kejurda Percasi,langsung dibuka oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Walikota Padang mengatakan olahraga catur merupakan cabang olahraga yang bisa memfungsikan syaraf motorik. “Catur salah satu stimulan untuk berfungsinya syaraf yang merangsang otak. Wajar para pecatur memiliki kualitas pola pikir yang baik. Pemko Padang sangat mendorong kegiatan ini karena juga salah satu momen persiapan Porprov 2014 bagi masing-masing Pengcab, “katanya.

Wako Padang berharap seluruh cabor tidak hanya catur,kontiniu menggelar kejuaraan serupa agar pembinaan dan kompetisi berkesenambungan,dan menghasilkan atlet-atlet andalan dan potensial yang dapat mewakili Padang.

Ditempat yang sama ketua Percasi Sumbar, Wahyu Iramana Putra menyebut dalam 15 tahun terakhir Percasi Sumbar selalu eksis menggelar kejurda yang penyelenggaraannya di gilir pada beberapa kota dan kabupaten di Sumbar. “Kita selalu aktif menggelar kejuaraan, malah pada tahun ini kabupaten Mentawai yang belum kita lantik juga mengirimkan perwakilannya, “katanya.

Ketua Percasi Padang, Syafril Basyir mengungkapkan, Kejurda tahun 2014 terbilang luar biasa karena, di ikuti seluruh Pengcab. Masing-masing Pengcab mengirim atlet dengan jumlah bervariasi.

“Atlet yang terlibat sebanyak 186 pecatur, enam diantaranya bergelar master nasional. Untuk kelas junior kita tetapkan tahun kelahiran 1998, 2001 dan 2005 serta senior memperebutkan pila Wali Kota Padang, “katanya.

Sementara itu, disinggung pendanaan untuk kejurnas Makassar mendatang, Sekum Percasi Sumbar mengatakan,bahwa Percasi hingga saat ini masih menggalang dana demi Sumbar agar dapat ikut serta di ajang olahraga se-Indonesia tersebut.

“Setidaknya kami harus mengantongi 100 juta rupiah, untuk dapat mengikuti Kejurnas Makassar nanti, “katanya.(wiwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*