Hari Jadi Pemkab Padang Pariaman, 22 Anggota DPRD Tidak Hadir

Padang-today.com__Pemerintah Kabupaten Padang Paariaman, Sumatera Barat, (Sumbar) dalam rangka memeriahkan hari jadi menggelar berbagai kegiatan di daerah itu, Rabu 09-01-2019 di Hal IKK Parit Malintang. Oleh karena itu momentum peringatan hari jadi itu menjadi starting point bagi legislatif dalam membuat sejarah dan warna baru penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan even seremonial tetapi tercatat dalam Lembaran Daerah.

Ironisnya, pada saat sidang Paripurna Istemewa di gelar di Aula Kantor Bupati tersebut anggota DPRD yang berjumlah 40 orang itu, hanya mampu ikut setengah dari jumlah tersebut.

“Pas Sidang Paripurna Istimewa di Aula Kantor Bupati tadi, saya langsung menghitung. Ternyata yang datang hanya 18 dari 40 orang anggota DPRD kita. Itu sudah termasuk Ketua dan Wakil Ketua,” kata Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padang Pariaman Zulhendrayani usai Sidang Paripurna Istimewa tersebut.

Sungguh ironis, lebih setengah anggota DPRD Padangpariaman yang tidak hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Padangpariaman ke-186, di Kantor Bupati Padangpariaman, Jumat (11/1). Padahal, dia melihat masyarakat sangat antusias menghadir hari jadi daerahnya tersebut.

Zulhendrayani mengaku menyayangkan hal tersebut, lantaran sikap alfa itu dapat menjadi gambaran kurang perdulinya anggota DPRD terhadap ivent daerah. “Sama daerah saja mereka tidak peduli, bagaimana sama masyarakat. Ini harus dijadikan catatan oleh masyarakat,” katanya.

Dia bahkan dengan tegas menyarankan, agar masyarakat mempertimbangkan untuk memberi kesempatan kedua bagi anggota DPRD yang alfa itu, menduduki kursi DPRD Kabupaten Padangpariaman periode 2019-2024.

“Ini saja, saudara kita yang menjadi anggota DPRD Kota Pekanbaru berusaha untuk hadir di sini. Sebab mereka sangat peduli dengan daerah kelahiran mereka,” ujarnya.

Kata Zulhendrayani, kritikan yang disampaikannya tersebut bukan berarti dirinya benci dengan anggota DPRD. Namun dia menyampaikan hal tersebut, karena menginginkan anggota DPRD yang alfa itu menyadari, bahwa mereka bertugas berdasarkan amanah masyarakat.

“HUT sebelumnya saya lihat lumayan banyak yang datang. Sekarang sudah sangat sedikit,” ujarnya.

Menurut Zulhendrayani, anggota legislatif dipilih masyarakat karena janji mereka untuk peduli terhadap masyarakat dan daerah. Jadi, baginya janji tersebut harus dibuktikan sikap dan kerja yang aktif dalam kegiatan daerah.

“Kalau untuk hadir saja dalam momen besar daerah tidak bisa, bagaimana mereka membuktikan sudah menepati janji lainnya,” tandasanya menghakiri. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas