Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Payakumbuh Segera Terbitkan Jakstrada

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2018! Tema HLH Sedunia mengacu tema, "Kendalikan Sampah Plastik, Mari Jaga Lingkungan Kita."

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2018! Tema HLH Sedunia mengacu tema, “Kendalikan Sampah Plastik, Mari Jaga Lingkungan Kita.”

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2018! Tema HLH Sedunia mengacu tema, “Kendalikan Sampah Plastik, Mari Jaga Lingkungan Kita.”

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh John Kenedy, SSos mengatakan bahwa di tingkat pusat di Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, digelar upacara hari ini. Sementara, di Payakumbuh belum dilaksanakan sebab instruksi pusat agar daerah menyesuaikan.

Bahwa, imbauan Kadis Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh John Kenedy, SSos, mari bersama mengurangi penggunaan sampah plastik. Kita imbau para retail, pedagang di pasar tradisional untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam packaging.

Bank-Bank sampah di sekolah dan di kelurahan diaktifkan. Ibu-Ibu rumah tangga dan masyarakat meningkatkan pemilahan sampah di setiap rumah.
Hotel dan restoran mengurangi pemakaian kemasan sekali pakai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh John Kenedy, SSos

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh John Kenedy, SSos

“Rapat-Rapat di kantor tidak menggunakan makanan dan minuman kemasan sekali pakai. Mengajak warga membuat lobang biopori di setiap rumah untuk pengomposan, selain menyediakan komposter,” imbau Kadis Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh John Kenedy, SSos.

Di Payakumbuh timbulan sampah lebih kurang 65 ton/hari. Semuanya dibuang ke TPA Regional di Kapalo Koto Ampangan. Dalam tahun ini, Payakumbuh akan membuat Jakstrada atau kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Jakstrada harus rampung Oktober nanti, sebagai pedoman dalam membuat program pengelolaan sampah ke depan. Seluruh kabupaten dan kota di Indonesia diberi target hingga 2025 harus mampu mengurangi timbulan sampah 30 persen. Kemudian melakukan penanganan sampah 70 persen.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas