Hari Pertama Idul Adha 1436 H, PKPU Padang Sebar 34 Hewan ke Pelosok Daerah Minus Qurban

Melalui-Program-SQN-PKPU-Padang-menyalurkan-qurban-ke-pelosok-minus-hewan-qurban-agar-terjadi-pemerataan

 PADANG, PADANG-TODAY.com-Melalui Program Sebar  Qurban Nusantara (SQN), Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang pada Idul Adha 1436 H atau hari pertama qurban, Kamis (24/9)  telah menyembelih sebanyak 34 ekor hewan qurban. Sapi qurban tersebut kemudian didistribusikan ke berbagai pelosok daerah terutama rumah ibadah di Sumatera Barat yang mengalami minus qurban.

Terdapat 10 Kabupaten/Kota di Sumbar menjadi sasaran penyebaran qurban PKPU Padang pada tahun ini yaitu Pinggiran Kota Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan,  Solok, Solok Selatan, Agam, Mentawai, Pasaman Timur, Darmasraya dan Sijunjung.  Penyaluran masih terus dilakukan hingga hari ketiga tasyrik, Minggu (27/9) mendatang,  sedangkan pendaftaran qurban masih dibuka hingga Jumat atau hari tasyrik pertama.

Kehadiran hewan qurban dari PKPU Padang ini disambut antusias oleh masyarakat, karenaas sejumlah lokasi sasaran penyaluran tidak terdapat satupun hewan qurban dapat mereka nikmati tahun ini. Bahkan ada jumlah pekurbanya yang tidak mencukupi untuk satu  ekor sapi sehingga dicukupkan dengan mudhihiy  dari PKPU Padang.  Seperti halnya di Kampung Kurao Pagang Nanggalo Padang, dengan dua ekor sapi qurban dari PKPU   ditambah satu ekor sapi bantuan masjid terdekat dibagi kepada 400 KK. Namun masyarakat merasa bahagia, meskipun jumlah diperoleh terbatas asalkan sama-sama merasakan daging qurban. Kegembiraan yang sama juga dirasakan masyarakat di Taluak Buo Kelurahan Teluk Kabung Tengah Padang. Lokasi yang berdekatan dengan PLTU ini dengan kebersamaan menyembelih satu hewan qurban. Demikian juga dengan lokasi lainnya di Kabupaten Padang Pariaman dan lainnya.

Kepala Cabang PKPU Padang Priambodo Ario Pamungkas mengatakan, rata-rata tempat pelaksanaan qurban   adalah daerah-daerah minus pekurban. Dengan kehadiran qurban tersebut menjadikan masyarakat kurang mampu dapat menikmati daging qurban sebagaimana menjadi salah satu tujuan kehadiran program ini.

“Senada dengan tema SQN 2015, qurbanisasi yaitu berpindahnya hewan qurban dari yang berkecukupan kepada yang membutuhkan menjadi jembatan hati antara masyarakat perkotaan dengan pedesaan’ kata Priambodo

Koordinator Distribusi Hewan Qurban PKPU Padang, Ramdan Dalni Akbar  menambahkan bahwa masih cukup banyak masjid dan mushalla di pelosok  Sumbar yang kekurangan qurban. Hal ini terlihat dari puluhan permohonan yang masuk dari berbagai daerah dan hanya sebagian yang dapat terpenuhi. Pihaknya juga telah  membuka ruang kepada masjid  yang memiliki kelebihan hewan qurban dapat dibantu PKPU menyalurkan pada  lokasi lain.

Kelebihan dari sistem SQN yang telah dilaksanakan selama 15 tahun ini yaitu penanganan qurban termanajemen lebih baik distribusi dan kualitas pelaksanaanya. Setiap hewan qurban akan disalukan menjalani pemeriksaan dan kualitasnya tidak mengecewakan.(admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas