Hari Pertama Lomba Pacu Kuda, Seramby Derby Membludak

Wako Hendri Arnis menyerahkan bendera gelanggang kepada Ketua Panitia Pelaksana Serambi Derby I, Yunelson usai dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Wako Hendri Arnis menyerahkan bendera gelanggang kepada Ketua Panitia Pelaksana Serambi Derby I, Yunelson usai dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Perhelatan lomba pacu kuda Serambi Derby I yang diawali pacuan Draft Bogi Baru tampak begitu diminati pengujung yang membludak. Pembukaan secara resmi setelah Wali Kota Padangpanjang, mendapat kehormatan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim usai menyampaikan apresiasi penyelenggaran oleh panitia, Minggu (29/3) kemarin pagi.

Ketua Panitia Serambi Derby I, Yunelson menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak atas terselenggaranya helat pacu kuda yang sempat fakum sejak 4 tahun sebelumnya. Namun demikian, Wali Nagari Singgalang itu sangat menyayangkan minimnya dukungan perantau Padangpanjang Batipuh X Koto (Pabasko).

Sementara pihak KAN Kenagarian Gunung dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kembali pacu kuda di kota berhawa sejuk itu. Namun diharapkannya, ke depan kepada panitia pelaksana agar melibatkan unsur pemangku adat Kenagarian Gunung selaku pemilik ulayat.

Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis jelang mendelegasikan pembukaan lomba pacu kuda Serambi Derby mengimbau semua pihak agar menjadikan momentum ini sebagai perekat hubungan keluarga besar Pabasko dan para pecinta kuda di Sumbar bahkan nasional.

“Pacu kuda tidak hanya sekadar perlobaan untuk mencari prestise bagi pemilik kuda. Namun jauh di balik itu, melalui agenda ini diharapkan menjadi perekat hubungan silaturahim antar sesame pecinta kuda dan masyarakat secara umum. Di sisi lain, melalui kegiatan ini dapat mendatang multi efek ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Padangpanjang dan Pabasko umumnya,” sebut Wako Hendri Arnis.

Lili yang menikmati Serambi Derby di hari pertama itu mengaku sebagai sejarah baru sepanjang digelarnya pacu kuda di Padangpanjang itu. Meski hari pertama loba dilaksanakan Minggu, namun tingkat pengunjung seperti ini biasanya terjadi pada hari ke dua. “Diakui ini yang paling ramai. Biasanya penonton hanya membludak pada hari ke dua saja,” ujar Lili.

Sementara pembukaan pacu kuda Serambi Derby I ditandai juga dengan penyerahan bendera gelanggang secara estafet dari ninik mamak Kenagarian Gunung kepada Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Padangpanjang Asril Kasoema, Wako Padangpanjang Hendri Arnis, Ketua Panitia Pelaksana Serambi Derby I dan terkahir kepada pihak Stewar selaku pelaksana lomba. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*