Hari Terakhir Pendaftaran, Baru 6 Parpol Daftarkan Caleg ke KPUD Padang Pariaman

Padang-today.com___Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangpariaman Zulnaidi menyatakan pendaftaran bakal calon legislator Selasa 17/07/2018 telah ditutup. Namun resmi jamnya penutupan baru pukul 00.00 WIB.

Meski pada hari penutupan baleg parpol yang mendaftar sampai pukul 13.00 WIB baru enam. Ke enam Parpol tersebut adalah PKS, PKB, Nasdem, Golkar, PAN dan PDI Perjuangan dan sepuluh parpol menyusul.

Mulai dari pagi Selasa kemarin, Partai Golkar sampai di KPU pukul 08.00 WIB, PAN pukul 12.00 WIb menyusul PDI Perjuangan. “Kita akan tunggu parpol yang sepuluh itu sampai pukul 00.00 WIB,” kata Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi diruang kerjanya.

Katanya, KPU telah membuka pendaftaran sejak 4 Juli 2018 lalu, hingga kini baru enam parpol yang mendaftarkan caleg untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Padangpariaman ke KPU.

Padahal katanya, KPU telah melakukan sosialisasi maupun imbauan kepada parpol untuk mendaftar sesegera mungkin menjelang jadwal penutupan, namun sampai jam ini baru enam parpol yang menyerahkan berkas pencalonannya.

“Baru enam berkas yang masuk ke KPU, yaitu dari Partai Politik PKS, PKB, Nasdem, Partai Golkar, PAN dan PDI Perjuangan” kata Zulnadi didmapingi  Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Padangpariaman, Ory Syatifa Sakban.

Dikatakan, kemungkinan besar penerimaan berkas pencalonan sampai pukul 00.00 WIB akan membludak. Sebab, hari pendaftaran hanya tinggal hari ini yakni tanggal 17 Juli 2018.

“Saya mengimbau semua partai politik maupun kader di Padangpariaman yang akan mendaftar agar cepat selesaikan berkasnya dan silahkan antarkan ke KPU karena hari pendaftaran, karena sekarang hari terakhir,” ujarnya.

Sebab katanya, KPU tidak akan memperpanjang masa pendaftaran calon legislator,  meskipun kemungkinan ada permasalahan bagi partai yang mendaftarkan kadernya pada hari-hari terakhir.

“Sosialisasi yang kami lakukan sudah cukup, cukup lama. Bahkan dari 4 Juni lalu, kami sudah memberi kesempatan ke caleg atau parpol untuk memasukkan datanya ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” ujarnya.

Kemudian katanya, masa pendaftaran tidak akan diperpanjang karena akan berdampak pada rangkaian proses pemilu mendatang. “Kami sudah menghitung dan mempertimbangkan banyak hal untuk kemudian kami tetap pada pendaftaran 4-17 Juli 2018,” ujarnya.

Apalagi katanya, KPU sejak awal telah mengimbau agar parpol tidak mendaftar pada hari-hari terakhir. “Karena nanti, ketika kami verifikasi berkas-berkasnya itu, agar mereka segera memperbaiki hasil verifikasi tersebut,” ucapnya.

KPU akan mulai melakukan verifikasi kelengkapan administrasi daftar bakal calon pada 5-18 Juli 2018. Selanjutnya, penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19 sampai 21 Juli 2018.

Kemudian, tahapan verifikasi terhadap berkas persyaratan setiap bakal caleg dilakukan pada 5 sampai 22 Juli 2018. Selanjutnya, Zulnaidi menambahkan, pengurus parpol akan mendapat informasi apakah bakal calegnya memenuhi persyaratan atau tidak.

Adapun katanya, bakal caleg, masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki berkas yang dinyatakan masih kurang. “Sebelum penetapan daftar calon sementara, bakal caleg diberi kesempatan untuk memperbaiki berkas pencalonan,” tandasnya mengakhiri.(suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas