Hasil Survei PolcoMM Ada Tujuh Mentri di Kabinet Kerja Yang Kinerjanya Jarang Diketahui Publik

kabinet-jokowi-rapor (1)
JAKARTA, PADANGTODAY.com-Political Communication Institute (PolcoMM Institute) mencatat ada 7 menteri di Kabinet Kerja yang kinerjanya jarang diketahui publik. Hal tersebut diketahui dari hasil survei yang dilakukan PolcoMM dengan teknik pengumpulan data berupa berita sebanyak 32.047 artikel berita di 15 media massa nasional.

Adapun 7 menteri itu adalah Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Mentan Amran Sulaiman, Menperin Saleh Husin, Menkes Nila F. Moeloek, Menteri Riset dan Dikti M. Nasir, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yambise, serta Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga.

Survei ini menggunakan metode riset content analysis dan discourse analysis dengan periode pemberitaan pada Oktober 2014-April 2015 dan periode riset 1-7 Mei 2015.

“Kinerja pemerintah dapat diketahui publik melalui kerja menteri di kabinet. Ada menteri yang proaktif di media massa sehingga diketahui kerjanya. Tapi tidak sedikit juga yang belum terlihat karena jarang terekspose media,” ujar Direktur Eksekutif PolcoMM Heri Budianto dalam peluncuran hasil survei ‘Kerja Kabinet Kerja’ di Jakarta Pusat, Senin (11/5).

Berdasarkan perhitungan persentase yang dilakukan PolcoMM, tercatat kerja Menteri Gobel hanya diketahui 0,2 persen oleh publik. Disusul Menteri Amran, Menteri Saleh, Menteri Nila, Menteri Nasir, Menteri Yohana dan Menteri Puspayoga masing-masing sebanyak 0,1 persen.

“Ini baru enam bulan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Namun menteri-menteri ini paling minim diketahui kinerjanya oleh publik. Ini bisa menjadi catatan ke depan di kabinet,” tandas Heri. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*