Helat 25 Tahun YPI-RJ, Beragam Kegiatan Digelar

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI-RJ) Payakumbuh, Sumatera Barat,  Februari mendatang genap berusia 25 tahun. Berbagai kegiatan, seperti, diskusi panel,  festival nyanyi dan lomba-lomba  bernafaskan Islami melibatkan pelajar dan guru, serta  jalan sehat, hingga pemberian  anugerah RJ Award, digelar panitia. Rangkaian  milad YPI-RJ tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Advertisements

Keterangan  ketua panitia pelaksana H.M Farid Wajri, S.Ag. S.PdI, Minggu (25/1), seluruh kegiatan yang disepakati panitia itu, diawali dengan diskusi panel dalam rangka menyempurnakan konsep YPI-RJ yang sudah ada, sebagai masukan dalam rangka menyusun rancana jangka panjang YPI-RJ (Visi YPI-RJ 2040)

Diskusi panel akan dilaksanakan, di gedung serbaguna Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh di Tanjung Pati, Minggu 15 Februari.  Narasumber yang  memastikan tampil dipanggung diskusi,  Gubernur  Prof. DR. H. Irwan Prayitno, M.Sc. Psi, Rektor Unand Prof. DR. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, Ketua Kopertis  Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri,  Prof. Ir. H. Ganefri, PhD, DR. H Muchtar Naim Tokoh Nasional dari Sumatera Barat, Presiden Komisaris Basko Group H. Basrizal Koto.

Panitia  juga  telah melakukan kontak  dengan Menteri Pendidikan Dasar-Menengah dan Kebudayaan, Anis Baswedan, PhD sebagai keynote speaker  dan   Prof. dr. H. Fasli Djalal, PhD Ketua BKKBN Pusat, sebagai keynote speaker. “Kita ingin diskusi ini sangat bermakna dan membuahkan hasil gemilang dengan kehadiran tokoh nasional itu, kata Farid.

Dikatakan, peserta diskusi panel terbuka untuk umum. Panitia sudah  mengirim undangan khusus untuk MUI (alim-ulama), kepala dinas pendidikan dan kepala Kanwil Kementerian Agama se-Sumatera Barat,  anggota legislatif, politisi, wartawan, akademisi, alim-ulama, budayawan, pengusaha, insan perbankan, yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, pengurus Ormasy dan OKP, aktifis pemuda dan perempuan, BEM-Mahasiswa, Pengurus OSIS , Siswa dan Alumni YPI-RJ, Donatur, Orang Tua Siswa dan Guru Pegawai YPI-RJ serta undangan lainnya.

Selain diskusi panel, panitia juga akan menggelar berbagai kegiatan lomba untuk merangsang kreatifitas siswa dan guru dari berbagai tingkat satuan pendidikan. Lomba-lomba yang akan dilaksanakan adalah lomba mewarnai, membaca Iqra’ 3, dan membaca Surat pada Juz Amma untuk murid PAUD (TK/RA) yang akan dilaksanakan dari tanggal 6-9 Februari 2015 di PAUD Islam Terpadu Raudhatul Jannah.

Untuk  siswa SD/MI disediakan ajang pertandingan futsal, lomba baca puisi dan lomba bidang studi manual pada tanggal 9-10 Februari 2015 bertempat di SMP Islam Raudhatul Jannah berdekatan dengan RSU Adnaan WD Payakumbuh. Masih untuk siswa SD ada lomba solo song pada tanggal 7 Februari dan lomba bidang studi online tanggal 1-5 Februari. Pada lomba bidang studi online, setiap peserta akan ditantang menggunakan perangkat teknologi (komputer) yang telah disediakan panitia sebagai media untuk menjawab soal-soal.

Selain itu, juga ada lomba solo song dengan memilih satu dari delapan lagu tersedia, yaitu lagu-lagu  Batu Tagak, Bareh Solok, Sibunian  Bukik Sambuang, Relakan Nan Tamakan, Jaso Mandeh, Talambek Pulang, Aie Mato Mandeh, dan Ampun Mandeh. Dan untuk babak final membawakan 1 dari 4 lagu berikut Bunda, Ayah, Laskar Pelangi, dan Jangan Menyerah.

Bagi siswa SMP/MTs sederajat dapat mengikuti lomba Tahfiz Al-Qur’an Juz 30, cerdas cermat berbahasa Inggris, dan lomba PBB Bertongkat. Sedangkan, untuk  para guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK se-Sumatera Barat juga dapat ambil bagian dalam lomba “integritas guru” yang dijadwalkan berlangsung di SD Islam Raudhatul Jannah, 5 Februari. Lomba integritas guru ini meliputi ujian tulis dan interview oleh dewan juri.

Rangkaian kegiatan syukuran 25 tahun YPI Raudhatul Jannah akan ditutup dengan malam resepsi dan penyerahan Anugerah RJ Award ke-3 di GOR M. Yamin Jalan Rky. Rasuna Said, Senin 16 Februari 2015. Pada malam itu akan diserahkan Anugerah RJ Award kepada person yang nyata memberikan  kontribusi dan dukungannya untuk memajukan pendidikan.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*