Hendri Arnis Berikan Perhatian Khusus Tehadap Lansia

Walikota Padangpanjang Hendri Arnis ketika mengunjungi salah satu Lansia Kecamatan Padangpanjang Timur.

Walikota Padangpanjang Hendri Arnis ketika mengunjungi salah satu Lansia Kecamatan Padangpanjang Timur.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Bentuk perhatian khusus terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) dari kalangan keluarga kurang mampu, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang langsung mendatangi kediaman masing-masing guna menyalurkan bantuan tunai dan pelayanan pemeriksaan kesehatan, Jumat (6/3) kemarin.

Warga RT 02 Kelurahan Koto Katiak Kecamatan Padangpanjang Timur, Latifah (91), saat dikunjungi Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis, tampak tidak berdaya terbaring di tempat tidur kayu pada suatu kamar kecil tanpa kasur empuk. Bahkan menurut keterangan pihak keluarga, wanita tua yang tampak kurus tersebut juga kehilangan selera makan dan minum sejak dua pekan terakhir.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis yang mencoba berkomunikasi usai diperiksa oleh dokter yang mendampingi menawarkan agar wanita hampir seabad itu untuk menjalani perawatan di rumah sakit. Meski Wako Hendri Arnis telah menjelaskan bahwa selama menjalani perawatan di rumah sakit, pihak keluarga tidak perlu memikirkan sola biaya.

“Yang bersangkutan karena tidak lagi maksimal asupan gizi dan vitamin melalui makanan, pemerintah menawarkan agar menjalani perawatan di rumah sakit. Namun yang bersangkutan tidak mau, maka salah satu yang dapat kita lakukan yakni melalui program layanan kesehatan sistem jemput bola. Kita sudah sampaikan kepada pihak terkait, untuk senantiasa mengontrol kesehatan para lansia,” tutur Hendri Arnis didampingi Kadis Sosnaker Yaz Edizarwin dan Ketua Bazda Rafles Sama serta sejumlah tenaga kesehatan dan dokter dari puskesmas setempat.

Wako juga menyampaikan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap lansia juga diberikan bantuan tunai dari Program Padangpanjang Peduli pada BAZ Padangpanjang. Masing-masing lansia yang direkomendasikan pihak Sosnaker, diberikan bantuan tunai Rp500.000.

Terkait bantuan yang dikucurkan BAZ Padangpanjang melalui program Padangpanjang Peduli tersebut, Rafles Sama menyebut untuk tahap kali ini teruntuk bagi 70 lansia dengan kriteria berusia di atas 60 dari keluarga kurang mampu. Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Walikota, yakni 6 lansia di Padangpanjang Timur dan 5 lansia di Padangpanjang Barat.

“Selain bantuan dari BAZ pada program Padangpanjang Peduli, Walikota juga turun langsung melihat kondisi kesehatan lansia serta kebutuhan dan aspirasi masyarakat dari keluarga kurang mampu. Karena itu pada kesempatan kali ini, Walikota juga disertai petugas medis dan tenaga dokter dari puskesmas kelurahan setempat,” ujar Yaz Edizarwin menambahkan. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*