Hentikan Eksploitasi dan Kekerasan Terhadap Anak

Padangpanjang, Padang-today – Sebagai aset bangsa, anak-anak harus terhindar dari ekploitasi dan kejahatan seksual yang marak terjadi belakangan ini, malahan hak-hak anak dalam mendapatkan pendidikan dan kesejahteraan yang layak harus dipenuhi.

Advertisements

“Momentun peringatan Hari Anak Nasional dengan Tema Membangun Karakter Bangsa dan Akhiri Kekerasan Terhadap Anak, harus dipenuhi dengan memberikan perlindungan terhadap anak-anak, baik dari upaya ekploitasi, kekerasan dan kejahatan seksul terhadap anak,” sebut Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Prof.Edwar Juliartha ketika menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional, Hari Keluarga Nasional dan Pencangan Bulan Bhkati Sosial TNI KB-Kes Tingkat Kota Padang Panjang di Gedung M Syafei, Kamis (25/8).

Disampaikan Sekda, Padang Panjang sebagai Kota Layak Anak dan Kota Pendidikan, sangat merespon berbagai permasalahan yang terjadi terhadap anak-anak, termasuk juga menyiapkan upaya pendampingan bagi anak-anak yang tersangkut masalah hukum.

“Kita juga berharap dengan duta-duta yang dimiliki Kota Padang Panjang, juga ikut mengampanyekan penghentian kejahatan dan kekerasan terhadap anak. Termasuk juga, kita juga menyiapkan program-program yang bisa memberikan ruang kreativitas dalam menunjang pertumbahan anak,” sebut Edwar Juliartha.

Sekretaris BKBBN Sumbar Dra.Mardalena Wati yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan, pemenuhan hak-hak anak sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah agar mereka terhindar dari dari kekerasan dan ekploitasi, agar terwujud anak-anak berkualitas dan berakhalak mulia.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Padang Panjang untuk mendukung perlindungan terhadap anak. Kami juga mengapresiasi kepedulian Dandim 0307 Tanahdatar bapak Letkol.Arm Bagus Tri Kuntjoro yang sangat peduli dengan berbagai kegiatan KB-Kes yang dilaksanakan di lingkungan TNI Target Bulan Bhakti Sosial TNI KB-Kes, termasuk juga sukses melaksan program TMMD tingkat Sumatera Barat di Kabupaten Tanahdatar,” sebutnya.

Untuk Pemerintah Kota Padang Panjang, sebut Mardalena Wati, kegiatan pembinaan konseling remaja yang dilaksanakan sangat aktif sekali. Sehingga, jangkauan sosialisasi yang dilakukan bisa lebih melibatkan banyak remaja dan mahasiswa.

“Kita juga mengucapkan terima kasih atas fasilitasi terhadap pelaksanaan Ajang Kreativitas PIK-R, Mahasiswa dan Saka Kencana tingkat Sumbar di Mifan Water Park Padang Panjang pada tanggal 30 Agustus hingga 2 September mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Netti Herawati menyebutkan, Peringatan Hari Keluarga Nasional, Hari Anak Nasional dan Pencangan Hari Bhakti TNI KB-Kes di Kota Padang Panjang, sengaja dilaksanakan dalam satu kegiatan.

“Penduduk adalah modal dasar pembangunan. Peringatan Harganas, Hari Anak dan TNI KB-Kes merupakan momentum untuk memperingatkan keluar dan individu terhadap perlindungan anak serta peran serta stakholder dalam kependudukan secara nasional,” sebut Netti Herawati. Dalam peringatan Hari Anak dan Harganas tersebut, Pemko Padang Panjang juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti Lomba Kader KBKS, Ajang Kreativitas, Sanggar Genre Anak Soleh, Ajang PIK-R yang diikuti oleh kader KBKS dan anggota PIK-R dari masing-masing sekolah yang ada di Padang Panjang. (Humas/Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*