Hidayattullah: Masyarakat Jangan Takut Donor Darah Saat Covid-19

Padang-today.com –  Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumbar menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan donor darah saat pendemi Covid-19.

“Masyarakat jangan takut meskipun di masa Covid-19 dan jangan khawatir, justru saat ini bantuan darah lebih penting dibanding hari sebelumnya,”kata Kepala Markas PMI Provinsi Sumbar Hidayatullah Irwan di Padang.

Hidayatullah Irwan menyebutkan wabah virus corona (Covid-19) berdampak kurangnya kalangan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan aksi donor darah.

“Sekarang ini saja pendonor berkurang akibat kekhawatiran saat pandemi Covid-19,”ungkap dia.

Kegiatan donor darah saat masa pandemi Covid-19 tetap berdasarkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus.proses donor darah pada masa pandemi juga dilakukan dengan prosedur yang ketat agar tidak ada yang terjangkit Covid-19. “Setiap pendonor harus mendaftarkan diri kemudian terlebih dahulu cek suhu tubuh, juga mengikuti tes cepat,”jelas Hidayatullah Irwan.

Hidayatullah Irwan menambahkan, sekarang pemenuhan kebutuhan darah di Sumbar berkurang sekitar 70-80 persen.

Seperti Unit Transfusi Darah (UTD) Pasaman Barat rata-rata kebutuhan 15 kantong, pemenuhan hanya sekitar 4 kantong. Bukittinggi kebutuhan 30 kantong per hari, sementara pemenuhan sekitar 15 kantong.

“Digelarnya aksi sosial donor darah dalam dari pihak TNI di tiga titik Padang dapat membantu ketersedian darah di PMI,”ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas