Hidupkan Goro di Payakumbuh, Payobasuang Usung Spirit Mak Umin, Wako dan DPRD Apresiasi

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Pyk Riza Falepi ketika menghadiri acara Maulud Nabi Besar Muhammad SAW

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Pyk Riza Falepi.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Mak Umin, tokoh masyarakat di Kelurahan Payobasuang, punya semangat goro yang tinggi di kelurahan setempat. Ia hanya tukang panjat kelapa. Tapi, jika ia bersorak keliling kampung waktu sore mengajak goro besok pagi, maka esoknya berbondong  warga bergoro di semua lingkungan. Kaum ibu pun   mambawa limpiang (makanan) untuak minum kopi. Kami ingin menghidupkan spirit Mak Umin lagi, sebut  Erry S. Djarens,  tentang budaya goro warga Payobasung tempo dulu.

Ditemui di Payobasung, Minggu (1/3), Erry S. Djarens,  ketua LPM yang cukup energik ini bersama Lurahnya Irwan Suwandi, SN, mengatakan, seluruh ketua RT/RW dan sejumlah tokoh masyarakat setempat, sepakat untuk mengaktifkan kembali goro dua kali dalam sebulan, setiap Jum’at pagi.

“Kami ingin semangat Mak Umin itu dibudayakan, sekaligus mengenang jasa Mak Umin, katanya. Mewujududkan lingkungan bersih dan sehat tak bisa hanya lewat kata-kata saja, butuh tindakan nyata, tambah lurah.

Lewat tema Jumat Bersih itu, Erry optimistis Payobasung ke depan  akan lebih bersih dan sehat. Semangat kebersamaan warga akan lebih baik, karena nama Mak Umin sangat terkenal di Payobasung. Setiap RW di Payobasung sudah dilengkapi dengan mesin potong rumput, hadiah atas terpilihnya  Payobaasung, sebagai kelurahan berprestasi tiga tahun lalu.

Tidak hanya Payobasung, kelurahan-kelurahan lainnya di Payakumbuh, juga mengaktifkan kegiatan goro setiap Jum’at dan Minggu pagi. Sepanjang Minggu kemarin, di Kelurahan Kubu Gadang Koto nan Ampek, Pakan Sinayan, Talang dan Koto Tangah, juga menggelar acara yang sama. Ratusan warga setempat dipimpin kepala kelurahan masing-masing, bahu membahu membersihkan lingkungan.

Semangat goro itu, diapresiasi Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam. ”Kita akan dorong terus warga kelurahan meningkatkan kebersihan lingkungannya,” kata Riza.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*