HMPS PMat UBH Gelar Seminar dan Workshop Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika

IMG_6035

PADANG, PADANGTODAY.COM-Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Pendidikan Matematika dan Workshop dengan topik Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (09/05/2015).

Ketua Peleksana, Fitria Oulina Ali menyampaikan seminar ini diikuti lebih dari 180 peserta yang berasal mahasiswa, guru dan kepala sekolah di Kota Padang. Selain seminar dalam kegiatan ini a juga terdapat workshop mengenai teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan untuk pelajar.

“Peserta mengikuti seminar dan workshop ini adalah dapat menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman serta dapat menerapkan nilai budaya yang terdapat dalam pembelajaran metematika,” ungkapnya.

Dewita Sari, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja dari himpunan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari pendidikan nasional serta untuk memberikan pemahaman mengenai pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai budaya.

“Setelah diadakan kegiatan ini diharapkan mampu menerapakan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pembelajaran matematika sehingga dapat menjadikan proses belajar mengajar matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, Drs. Khairul, M.Sc menyampaikan topik yang diangkat dalam kegiatan ini cukup menarik dimana perlunya integrasi nilai budaya dalam pendidikan karena pada dasarnya pendidikan matematika tidak lepas dari budaya.

“Matematika merupakan ilmu yang digunakan setiap hari dan hidup sepanjang massa. Seluruh kegiatan dalam kehidupan ini tidak terlepas dari matematika sehingga dalam tema seminar ini menjadi suatu tantangan juga bagi mahasiswa dan guru dalam mengintegrasikan nilai budaya dalam pembelajaran matematika,” ujarnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh himpunan ini yang selalu aktif dalam membuat berbagai kegiatan yang kreatif serta jurusan dan fakultas yang aktif mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Tentunya kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa ini dapat memberikan masukan dan nilai tambah sebagai brain feeling,” ungkapnya.

Dipandu oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematia Dra. Rita Desfitri, M.Sc, seminar ini menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr. Yansen Marpaung Pakar Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Drs. Wandra Iiyas, M.M. Kepala Baltekkomdik Dinas Pendidikan Sumatera Barat dan Niniwati, M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.

Materi yang dijelaskan pada seminar ini meliputi integrasi nilai budaya pada pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari, penerapan integrasi nilai budaya pada kurikulum dan penguatan peran pendidik terhadap nilai budaya dalam pembelajaran metematika serta pada materi workshop membahas teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan bagi siswa. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas