Payakumbuh dalam Kemasan, Keunggulan dan Membangkit Potensi Ekonomi

H. Erwin Yunaz, SE. MM. (Calon Wakil Walikota Payakumbuh)

Advertisements

Oleh: H. Erwin Yunaz, SE. MM.

(Calon Wakil Walikota Payakumbuh)

BICARA produk, ialah bentuk keluaran atau hasil dari proses dan pengolahan bahan. Bicara kemasan, kini mutlak jadi syarat menjadikan produk bernilai tinggi dan memiliki daya jual yang hebat.

Kota Payakumbuh. Kota berkategori sedang dengan lahan pertanian yang menopang hidup petani, peternak, pedagang, tukang, pelajar, guru, pegawai, serta beragam profesi lainnya. Di Kota Payakumbuh telah hidup beragam rupa usaha dan bisnis yang mendunia.

Kendala utama kini kemasan. Belum banyak produk yang dijual dalam kemasan yang berstandar nasional. Kemasan ini, jika kita contohkan pada produk penganan ringan, misalnya berbahan alumunium foil. Kemasan yang mengangkat harga berlipat-lipat serta harkatnya pun, dari kedai ke supermarket.

Begini, saya selaku anak Payakumbuh merasa penting mengupas potensi kemasan ini. Kemasan, meski lingkup pandangan kita hanya berupa bungkus, sebenarnya perlu kita dudukkan kembali. Bahwa kemasan terbentuk dari proses dan alur produksi.

Nyaris seluruh sektor kini butuh kemasan. Mulai dari produk makanan, pakaian, sampai prestasi sekalipun. Ingat dunia olahraga pun sekarang adalah bisnis yang menggiurkan. Pun, dunia seni, busana, model, fotografi, musik, dan lainnya. Masih banyak sektor yang bisa dibangkitkan lewat kemasan optimal.

Saya, sedikit menyigi dunia olahraga prestasi. Selaku olahragawan, Saya Kenshi, melihat prestasi olahraga kini pun harus dikelola dengan kemasan yang makin profesional. Sekolah Sepakbola Payakumbuh sudah menembus kelas dunia, di Piala Danone. Lalu, atlet kita terbukti menunjukkan prestasi luar biasa di berbagai ajang daerah, nasional, dan internasional.

Layaknya, sebuah klub cabang olahraga, jika dikemas dengan kemasan yang baik, akan menghasilkan tata kelola, tata latihan, tata prestasi, dan tata pendapatan yang maksimal. Bayangkan, jika regulasi sebuah kelurahan FC saja sudah memakai sistem biaya transfer pemain, bakal ada jaminan kesejahteraan dan jaminan karir seorang pemain bola.

Bagi klub, tentu tata kelola dan bisnis pun berjalan sesuai regulasi dan mensejahterakan semua. Mulai dari urusan pertandingan, sponsorship, pembiayaan, dan selingkupnya pun menjadi strandar kesejahteraan klub dan pengurusnya.

Bidang seni, tata kelola kemasan berkesenian di Kota Payakumbuh harus kita siapkan kemasan yang beregulasi demi keberlangsungan seni itu sendiri. Tampilnya seni di panggung adalah produk. Sementara, proses pembinaan insan seni itu harus dijalankan dengan tata kelola yang tertata. Nah, produk seni ini nantinya, ditampilkan dalam kemasan yang populer dan berkelas.

Produk makanan. Kota Payakumbuh adalah gudangnya. Jika di Payakumbuh sekilo karak kaliang dihargai 17-19 ribu, sampai di daerah lain, dengan dibungkus rapi serta bermerk bisa 50 ribu. Bayangkan, selisih harga yang menjadi nilai tinggi ini, sayang kita lepas begitu saja. Kemasan yang prima akan meninggikan harga produk dan kualitasnya di mata pembeli ikut meningkat.

http://dapuarankminang.com

Bicara kemasan, menurut saya yang memang berlatar belakangpendidikan di bidang ekonomi dan kemasan, saya sudah terapkan di beberapa produk. Antara lain; produk rendang, makanan olahan, bumbu dapur, dan lainnya. Secara total, sampai ke penjualan pun harus kita kemas bersama sehingga masuk ke dunia bisnis digital yang kini mendunia.

Kita sudah menyiapan aplikasi belanja online: http://dapuarankminang.com sebagai media penjualan secara daring (dalam jaringan) atau online shop. Meski baru rancangan, respon sudah sangat tinggi dari banyak calon konsumen. Tinggal menunggu pengelolaan penjualan saja. Jika yang kita jual dikemas oleh produsen, maka selaku marketing, kemasan yang baik akan meninggikan harkat ekonomi kita.

Kemasan Payakumbuh

Kemasan produk merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi banyaknya permintaan konsumen dan banyaknya penjualan terhadap produk UKM. Namun, banyak para pengusaha diluar sana yang berfikir bahwa kualitas sebuah produk serta bagaimana cara pemasaran produk tersebut jauh lebih penting untuk meningkatkan penjualan jika dibandingkan dengan fokus pada kemasan produk.

Inti pemikiran saya, tindakan, dan sudah saya buktikan di beberapa produk usaha di Payakumbuh, bisa Go Nasional dari pasar tradisional ke market berpendingin ruangan. Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi penjualan produk dan semuanya itu saling berkaitan seperti kulitas produk, pelayanan, kemasan produk dan juga strategi pemasaran. Semuanya itu saling mendukung antara yang satu dengan lainnya. Kemasan produk inilah yang perlu kita pikirkan sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa fungsi kemasan produk yang penting untuk diketahui oleh pembuat kemasan maupun pengguna kemasan.

Kemasan produk sebagai pelindung. Kemasan produk harus bisa melindungi produk dari pengaruh luar maupun dalam, misalnya saja kelembaban, sinar ultraviolet, pengaruh O2 atau oksigen serta harus bisa melindungi dari adanya pengaruh handling yang tidak benar. Penggunaan bahan baku yang memiliki kualitas bagus dan handling yang benar adalah salah satu upaya cara melindungi produk mulai pada saat pengemasan, dikonsumsi sampai tanggal kadaluarsa.

Kemasan produk sebagai daya tarik. Dalam membuat kemasan produk diperlukan sebuah keahlian dalam memadukan desain kemasan produk yang dibuat, proses cetak dan juga finishing serta proses pembuatan pada mesin pengemas. Bentuk, warna, ukuran serta informasi lengkap yang dicantumkan dalam kemasan produk juga menimbulkan daya tarik yang luar biasa. Selain itu, penampilan gambar juga sangat mempengaruhi 75 persen keputusan para konsumen untuk membeli produk tersebut. Jadi, kemasan produk sangatlah menentukan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk.

DapuaRankMinang

Kemasan produk sebagai alat penanda. Cetakan yang terdapat dalam kemasan produk harus tertulis, bisa dibaca dan terlihat dengan jelas jenis produknya, nama produsen, berat produk, cara penggunaan, pengedarnya di Indonesia dan tanda-tanda lainnya.

Kemasan produk sebagai alat promosi terselubung. Secara tidak langsung suatu kemasan produk harus bisa menjual dirinya sendiri, mampu berkomunikasi dengan baik dan juga menjadi iklan atau promosi terselubung yang gratis saat berada di etalase atau saat di distribusikan, oleh sebab itu buatlah desain kemasan produk semenarik mungkin.

Kemasan produk sebagai alat pemindahan. Kemasan adalah sebuah wadah bagi suatu produk yang sekaligus bisa berfungsi sebagai alat yang memudahkan produk tersebut untuk dibawa dalam proses pemindahan dari produsen hingga ke tangan konsumen maupun dari tempat yang satu ke tempat yang lain dengan jumlah berat atau isi tertentu.

Kemasan produk sebagai brand image. Brand image akan membuat konsumen atau siapapun yang melihatnya sepintas suatu kemasan produk akan segera mengetahui produk yang dikemasnya tersebut. Hal ini tentu saja karena adanya suatu ciri yang unik dan mudah untuk dikenali yang telah melekat pada kemasan produk tersebut sejak lama. Cara unik tersebut juga bisa memudahkan para konsumen untuk melakukan pembelian kembali atau ulang.

Dengan kemasan produk yang menarik dan unik juga bisa membentuk image atau citra sebuah produk. Untuk itu penting bagi para pelaku bisnis mengetahui peranan penting suatu kemasan produk dan dapat menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan. Dengan kemasan Payakumbuh mendunia.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*