HUT IBI ke-65, Keberadaan Bidan Dibutuhkan Masyarakat

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam HUT IBI ke-65

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam HUT IBI ke-65

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Kegiatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (HUT IBI) ke-65 dibuka oleh Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, serta dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sarilamak, Sabtu(5/8).

Disampaikan Bupati Irfendi Arbi, usia ke-65 tersebut membuat IBI hendaknya mempertahankan dan meningkatkan daya saing, serta pelayanannya.

“IBI sebagai organisasi yang besar harus mampu berbuat dan bekerja dalam mengembangkan kemampuan dan daya saing, serta pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati Irfendi Arbi.

Ditambahkan oleh Bupati, IBI sebagai organisasi harus ada dalam lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah, seperti Dinas Kesehatan atau BPKB.

“Ada yang mengurus dan membidangi agar segala sesuatu dapat teroganisir sampai ke pusat,” kata Irfendi Arbi.

Bupati Irfendi juga menyampaikan keberadaan bidan di Puskesmas dan Puskeri sangat diperlukan oleh masyarakat.

“Orang lain akan senang jika fasilitas dan pelayanan baik dan sebagai bidan yang berada pada Puskesmas dan Puskeri sebagai roda terdepan, harus mampu menjawab tantangan,” lanjut Irfendi Arbi.

Ketua IBI Cabang Limapuluh Kota  Hj. Zulmainis, S.ST mengatakan kepengurusan OP IBI berkembang pesat dari PP, PD, PC dan PR. Kabupaten Limapuluh Kota terdiri dari 14 ranting yang tesebar di 13 kecamatan. Anggotanya berjumlah lebih-kurang 386 orang, bertugas di RS, Puskesmas, Desa/Poskesdes, pratek mandiri/BPM, serta instalasi lainnya.

“Marilah kita berkerja menjalankan tugas pelayanan kebidanan dan tetap menjaga kualitas pelayanan dan meningkatkan kemampuan sesuai perkembangan Iptek. Bekerja sesuai dengan standar pelayanan berkualitas, otomatis mendukung visi dan misi RPJMD, yakni pemenuhan akses pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak dan usia lanjut,” pesan Zulmainis.

Tema Hut IBI ke-65 kali ini adalah Penguatan Peran Bidan Dalam Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga. Juga pada kesempatan itu diadakan seminar dengan topik Penanganan Penyimpangan Perilaku Seksual Terhadap Perempuan Dan Anak.

Ketua Panitia Hj. Neldawati, menerangkan IBI di tingkat kabupaten diisi dengan rangkaian kegiatan lomba antar ranting yang terdiri dari 14 ranting, lomba cerdas cermat, senam kreasi, goyang balon dangdut dan busana muslim.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota Monalisa Irfendi Arbi, Ketua PD IBI Sumbar Hj. Neldawati, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Adel Nofiarman, serta Kepala SKPD dan unsur terkait termasuk juga BPJS.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas