HUT Ke-138 HBT Dimeriahkan Karnaval Sipasan

H MUSLIM KASIM DI HUT HBT KE-138

H MUSLIM KASIM DI HUT HBT KE-138

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT HBT (Himpunan Bersatu Teguh) ke-138 tahun 2014 di Kota Padang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Rabu (31/12) diawali dengan Karnaval sipasan yang diikuti ratusan peserta dari warga kampung Pondok Padang dan disaksikan ribuan pengunjung itu digelar dengan menghadirkan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim KasimAdapun rangkaian seremonial mengawali Karnaval Sipasan peringatan HUT HBT ke-69 RI tahun 2014 diawali dengan laporan ketua Panitia dan sambutan Andreas Sofiandi, Tuako HBT. Disamping itu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Andi Mustari Pide, Sambutan Walikota Padang, Mahyeldi dan Wagub Sumbar didaulat menekan sirenai dimulainya arak-arakan.

Andreas Sofiandi dalam kata sambutannya mengatakan kehadiran Muslim Kasim menjadi semangat bagi keluarga HBT dalam pelestarian budaya di Sumatera Barat. Karnaval Sipasan dibuat dengan melibatkan partisipasi masyarakat. “Karnaval Sepasan HBT Padang diadakan setiap tgl 31 Desember dalam rangka HUT Kongsi HBT dan merupakan kegiatan resmi seni budaya Sumbar dan Kota Padang,” ujar Andreas. Ditambahkanya, acara Karnaval Sipasan diselenggarakan selain dalam rangka memeriahkan HUT HBT Padang ke 138 juga dirangkai dengan menyambut tahun baru 2015 M. Selain karnaval sipasan (arak-arakan tandu dengan 78 kursi yang diduduki balita) atraksi barongsai dan naga, arak-arakan tersebut akan mengambil rute di seputaran kampung Pondok, dan akan kembali di Kelenteng.

Sementara itu, Muslim Kasim yang membuka acara mengatakan, acara itu merupakan suatu bentuk persatuan dari orang penduduk Padang. “Ini sebuah konsep yang luar biasa, dan even ini mestinya dijadikan salah satu ‘icon’ Sumatera Barat. Warga Kampung Pondok selain warga taat pajak, juga memiliki partisipasi masyarakat yang tinggi dalam mendukung program konsinya, tentu juga program Pemerintah seperti dalam Manunggal Bulan Bhakti Gotong Royong dan program PNPM Mandiri perkotaan.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*