HUT ke 69, Damkar Mintak Partisipasi Masyarakat Dalam Penangulangan Kebakaran

damkar-(1)

Advertisements

PADANGPANJANG, PADANGTODAY.com-walaupan dengan dana yang minim, peringatan ulang tahun Pemadam Kebakaran tingkat Kota Padangpanjang, Minggu , berlangsung meriah. Diawali dengan kegiatan seremonial dan acara hiburan yang berlangsung hingga malam harinya di markas Damkar Kota Padangpanjang.

Hadir Kepala BPBD Padangpanjang, Erizal, Kepala BPBD, Staf Ahli Setdako Rusdianto, Kepala UPT Damkar, Kasimin, anggota Damkar, mantan kasi Op Damkar, Jhon Eriko dan lain-lain.

Sebelum kegiatan potong kue ulang tahun, Kepala BPBD Kota Padangpanjang, Erizal mengungkapkan, dengan semangat 69 tahun Damkar, menjadi motivasi bagi Damkar Kota Padangpanjang untuk lebih baik di masa yang akan datang. Damkar juga akan meningkatkan silaturahmi tidak saja dengan petugas, tapi juga dengan keluarganya.

“Dengan semangat ulang tahun ini tentunya akan lebih meningkatkan hubungan silaturahmi tidak saja di jajaran Damkar, tapi juga dengan keluarga petugas Damkar itu sendiri. Juga yang lebih penting adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di jajaran Damkar agar Damkar Padangpanjang ke depannya lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar, Kasimin mengatakan, saat ini UPT Damkar Kota Padangpanjang didukung dengan 38 personil yang bertugas selama 24 jam dan terbagi dalam dua shift. Mereka memiliki fasilitas 5 unit kendaraan Damkar yang selalu siap terjun ke lapangan saat terjadi musibah kebakaran.

Meskipun demikian, Kasimin menghimbau, dengan cuaca yang tidak menentu saat ini, masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap sesuatu yang bisa saja menjadi penyebab terjadinya kebakaran, seperti listrik, kompor dan lain-lainnya.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu waspada, memeriksa colokan listrik atau kompor yang mungkin saja masih menyala saat ditinggalkan. Atau, hal-hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya musibah kebakaran,” katanya.

Ditambahkan Kasimin, untuk program kerja selama tahun 2015 ini, Mako Damkar Kota Padangpanjang telah menjadwalkan kegiatan sosialisasi bahaya kebakaran seperti yang tengah berjalan saat ini. Sosialisasi mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Begitu juga sosialisasi bagi masyarakat umum, seperti perkantoran, pasar dan pemukiman penduduk. Dengan sosialisasi secara rutin tersebut, Kasimin berharap musibah kebakaran di Padangpanjang dapat diminimalisir. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*