IBI Kota Pariaman Gelar Seminar Ilmiah

sekdako-armen-berfoto-bersama-panitia-dan-para-tamu-seminar

Pariaman, PADANG-TODAY.com-Dalam menyambut HUT ke 64 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Kota Pariaman tahun 2015, IBI Kota Pariaman menyelenggarakan Seminar Ilmiah dengan tema “Bidan mengawal 1000 hari pertama kehidupan, mewujudkan generasi berkualitas” di Aula Balaikota Pariaman, sabtu (5/9). Seminar ilmiah ini menghadirkan narasumber Dosen FK UNAND Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, Msc. SPGK dan DKK Solok dr. Apridoni, SPA. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Armen, dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Afni Armen, Kadis Kesehatan Yutriadi Rivai, Ketua IBI Kota Pariaman Eva Yulia Delwita, Direktur RS/Klinik se-Kota Pariaman, Kepala Puskesmas se-Kota Pariaman dan Anggota IBI Kota Pariaman sebanyak 200 peserta.

Sekdako Pariaman Armen dalam sambutannya mengatakan agar IBI Kota Pariaman dapat berkrontribusi positif terhadap masyarakat, bukan hanya untuk organisasi saja tetapi untuk masyarakat dan pemerintah. Tema yang diambil untuk seminar ilmiah ini sangat sesuai dengan tugas dan fungsi dari bidan itu sendiri untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, agar dapat mewujudkan apa yang kita inginkan bersama yaitu generasi yang berkualitas, jelasnya.

“Pada 1000 hari pertama kehidupan, terjadi tumbuh kembang anak yang sangat pesat dan tidak terjadi pada usia lain yang dinamakan periode sensitif yang mana pada masa ini adalah masa terbaik untuk segala pembentukan kecerdasan dan perilaku dasar anak, jadi kita tidak boleh menyia-nyiakan periode ini, karena ini adalah waktu kita untuk memberikan stimulasi kepada anak”, tukas Armen.

Terakhir Sekda mengatakan arti peran penting bidan dalam mengawal 1000 hari pertama kehidupan, terutama dalam meningkatkan pemantauan wilayah setempat kesehatan ibu dan anak yang telah dilaksanakan selama ini. Para bidan dan kader posyandu itulah nantinya yang akan mendampingi secara langsung para ibu dan keluarga dalam memahami pentingnya periode 1000 hari pertam kehidupan. Diakhir acara diadakan pemotongan kue HUT IBI ke 64 dan pembagian kue untuk para tamu dan peserta. (J)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas