IHSG Tancap Gas Tembus Level Psikologis

Ilustrasi saham.

Ilustrasi saham.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Selasa (7/4/2015) langsung tancap gas, hingga kembali menembus level psikologis 5.500. IHSG dibuka naik 22,28 poin ke posisi 5.502,32.

Hari ini IHSG berpeluang melanjutkan kenaikan. IHSG pada perdagangan kemarin berhasil rebound terbatas setelah dua sesi perdagangan mengalami koreksi akibat aksi ambil untung. IHSG tutup di level 5.480,031 atau menguat 23,632 poin (0,43 persen). Di tengah tipisnya nilai transaksi, pemodal asing kembali mencatatkan nilai pembelian bersih mencapai Rp 465,59 miliar.

Penguatan IHSG dan rupiah kemarin lebih disebabkan faktor eksternal menyusul melemahnya dollar AS atas sejumlah mata uang negara-negara berkembang setelah data tenaga kerja AS yang keluar akhir pekan lalu di bawah ekspektasi. Angka penawaran kerja di AS Maret lalu hanya bertambah 126.000 di bawah perkiraan 246.000 dan angka bulan sebelumnya 264.000.

Sementara Bursa Wall Street Senin waktu setempat, kembali melanjutkan penguatannya. Penguatan di Wall Street setelah data tenaga kerja yang di bawah ekspektasi menimbulkan spekulasi The Fed tidak akan terburu-buru menaikkan tingkat bunganya.

Aktivitas industri jasa di AS tercermin dari ISM Non-Manufacturing PMI Maret turun ke 56,5, terendah dalam tiga bulan terakhir, turut memicu aksi beli pelaku pasar.

Melanjutkan perdagangan hari ini, menurut Riset First Asia Capital, IHSG masih akan bergerak bervariasi dengan peluang melanjutkan penguatannya. Namun hal itu akan dibayangi dengan aksi ambil untung menyusul kekhawatiran kenaikan harga minyak mentah dunia yang akan memicu tekanan inflasi.

Katalis positif pasar terutama digerakkan dengan sejumlah isu individual terkait pembagian dividen. IHSG diperkirakan bergerak dengan support di 5.435 dan resisten di 5.510.

Saham-saham pilihan adalah ASII, ITMG, INTP, PTBA, LSIP, INCO dan SMRA.

(rbdk/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas