imunoterapi Mampu Memperlambat Pembelahan Sel-Sel Kanker

307130_ilustrasi-kanker-_663_382

PADANGTODAY.COM– Kanker memang menjadi momok penyakit yang menakutkan. Menggerogoti tubuh tanpa ampun hingga si penderita meninggal dunia. Di Amerika, penyakit ini menjadi nomor satu. Oleh sebab itulah, banyak para peneliti berlomba-lomba menemukan cara menyembuhkan penyakit ini. Saat ini hanya menggunakan jalur kemoterapi dan radiasi saja sebagai cara memperlambat sel kanker tersebut.

Meski begitu, sebetulnya ada cara lain untuk membunuh kanker, yakni dengan imunoterapi. Hal itu dikatakan oleh pendiri Kalbe Farma, Dr Boenjamin Setiawan. Menurutnya, imunoterapi mampu memperlambat pembelahan sel-sel kanker dalam tubuh pasien.

“Cara kerjanya itu dengan mengambil serum dari plasma darah yang mengandung antibodi, kemudian serum itu diperbanyak secara laboratorium dan disuntikkan kembali ke dalam tubuh. Dengan begitu sebenarnya tubuh sendiri yang melawan penyakit itu dengan antibodi sendiri,” jelasnya.

Ibaratnya, kata dia, seperti anjing pelacak yang disuruh untuk menangkap maling. Sel-sel yang disuntikkan kembali itu, akan mengejar sel-sel kanker dan kemudian mematikannya.

“Di Jepang ini sangat maju sekali ya,” katanya.

Di Indonesia, kata dia, perusahaan rintisannya akan memulai untuk mempelajari sistem imunoterapi tersebut.

“Kita baru mau akan mempelajari hal itu lebih jauh dengan mengundang para ahli imunoterapi di dunia,” ujarnya.

Menurut Dr. Boenjamin, penderita kanker di Indonesia memang belum sebanyak di Amerika, tetapi tidak menutup kemungkinan penderita kanker di Indonesia akan bertambah banyak.

“Kita perlu melakukan sesuatu untuk penyakit ini. Ya, memang ada cara kemoterapi dan radiasi. Tapi itu kan efeknya kurang baik. Rambut bisa gundul, makan tidak berselera, dan lain sebagainya,” paparnya.

 

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*