Indonesia – Mesir Kerja Sama Selenggarakan Pameran Pendidikan Tinggi Di KBRI Kairo

Jakarta, PADANGTODAY.com– Pemerintah Indonesia, melalui Atase Pendidikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Mesir, akan mengelar Indonesian Expo/Yalla Indonesia pada 17 – 20 September 2014 mendatang. Kegiatan tersebut di antaranya diisi dengan Pameran Pendidikan Tinggi dan Joint Working Group on Higher Education (JWG-HE) di antara kedua negara.

Informasi ini disampaikan oleh Atase Pendidikan di KBRI Kairo, Mesir, Fahmy Lukman dalam surat yang disampaikan kepada Menteri Luar Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Agama. Dalam surat itu disebutkan bahwa persiapan kegiatan ini didahului dengan pertemuan antara Atase Pendidikan di KBRI Cairo dan Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir, El-Helali El-Sherbeiny El-Helali, Rabu (13/8/2014). Dalam pertemuan tersebut, El-Sherbeiny didampingi Direktur Kerja Sama, Manal Kamal Ahmed Mounir.

Selain mempresentasikan mengenai kegiatan Yalla Indonesia, Fahmy juga meminta dukungan dan partisipasi aktif Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir dalam rangka menyukseskan acara tersebut. Diharapkan partisipasi ini dapat terjalin kerja sama yang memberi manfaat bagi kedua belah pihak. Menurut rencana, pameran pendidikan akan dihadiri oleh 17 perguruan tinggi di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh juga direncanakan hadir dalam kegiatan ini.

Sementara itu, El-Sherbeiny menyatakan menyambut baik kunjungan atase pendidikan dan sangat mendukung rencana penyelenggaraan Yalla Indonesia ini. Ia menugaskan stafnya untuk menulis surat kepada rektor perguruan tinggi di Mesir yang intinya agar mereka merespon undangan KBRI Kairo untuk menghadiri pameran pendidikan dan JWG-HE.

Pihaknya juga berkomitmen untuk mendorong dan mendukung untuk menyukseskan pelaksanaan pameran pendidikan ini. Salah satu dukungannya akan diwujudkan dengan menghubungi perguruan tinggi di Mesir untuk ikut serta secara pro aktif dalam kegiatan tersebut. (Ra/dil)

Lewat ke baris perkakas