Indonesia Pererat Hubungan Antarnegara Melalui Batik

Indonesia Pererat Hubungan Antarnegara Melalui Batik.

Indonesia Pererat Hubungan Antarnegara Melalui Batik.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Batik bukan sekadar warisan budaya bangsa yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Batik juga menjadi sarana mempererat hubungan antarnegara.

Hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat terjalin kuat dalam helai-helai kain batik karya maestro batik Indonesia, Iwan Tirta. Ada 25 kain batik karya Iwan yang disumbangkan ke tokoh-tokoh AS dan hingga kini masih dirawat dengan baik oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta. Batik Iwan seolah menegaskan, sejak dulu Indonesia dan AS punya kedekatan.

“Batik kini tidak hanya milik Indonesia, tetapi juga milik semua masyarakat dunia. Kami, di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, setiap hari Jumat selalu memakai batik,” kata Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F Bauer saat memberi sambutan pada acara lokakarya konservasi tekstil, Kamis (9/4), di Museum Tekstil, Jakarta.

Oleh karena itu, kata Bauer, batik harus dirawat karena memiliki nilai budaya yang tinggi. AS menunjukkan kepedulian terhadap budaya batik dengan mengadakan pelatihan konservasi batik bersejarah karya Iwan Tirta.

Pelatihan konservasi diikuti 15 orang mewakili beberapa museum di Indonesia, seperti Museum Seni Jakarta, Museum Basoeki Abdullah, Museum Batik Pekalongan, dan Museum Singinjai Jambi.

Dalam pelatihan tersebut, 25 batik Iwan Tirta yang telah berumur 40-an tahun itu akan dirawat dengan cara dibersihkan dan diperbaiki. Perawatan batik itu melibatkan konservator tekstil dunia Julia M Brennan dan konservator dari Museum Tekstil, Jakarta.

(B04/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*