Indonesia Terpilih Sebagai Tempat Penyelenggaraan Asia-Europe Meeting (ASEM) Forum 2015

Indonesia Terpilih Sebagai Tempat Penyelenggaraan Asia-Europe Meeting (ASEM) Forum 2015.

Indonesia Terpilih Sebagai Tempat Penyelenggaraan Asia-Europe Meeting (ASEM) Forum 2015.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Pulau Dewata, Bali didaulat sebagai tempat penyelenggaraan Asia-Europe Meeting (ASEM) Forum 2015 pada 9-12 Maret mendatang.

Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai ASEM Education Secretariat menjadi tuan rumah forum tersebut, bekerja sama dengan The ASEM Education and Research Hub for Lifelong Learning (ASEM LLL Hub), Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pendidikan Denmark.

Tema yang diangkat dalam pertemuan negara-negara Eropa dan Asia itu adalah “Lifelong Learning: Renewing the Agenda”. Tema tersebut diangkat karena relevan dengan kondisi dunia saat ini yang semakin mengglobal.

Negara-negara di Asia dan Eropa sama-sama memiliki tantangan dalam menerapkan konsep “belajar sepanjang hayat” di abad ke-21 ini. Melalui forum ini, topik tersebut akan dibahas dalam bentuk seminar-seminar kelompok.

Forum ini diikuti oleh para peneliti dunia, pengambil kebijakan, serta pejabat pemerintah. Kegiatan ini juga akan diisi dengan sejumlah pembicara kunci yang menampilkan akademisi dari perguruan tinggi ternama di dunia.

Dalam agenda, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Informal (PAUDNI), Ella Yulaelawati dijadwalkan memimpin seminar dengan tema “Adult Literacy for Entrepreneurship”.

ASEM Forum on Lifelong Learning 2015 diharapkan dapat membangun kerja sama yang lebih luas dan kuat antara negara-negara di Asia dan Eropa di bidang penelitian dan pendidikan sepanjang hayat.

Sebagai penyelenggara forum ini, Indonesia memiliki kesempatan yang baik untuk memperkuat hubungan bilateral antara berbagai mitra strategis, khususnya Denmark. Dalam delapan tahun ke belakang, konferensi ini telah berlangsung di Thailand, Malaysia, Vietnam, China, dan Denmark.
(Ratih Anbarini/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*