Indosat Baru Saja Keluarkan Inovasi Barunya

INDOSAT

INDOSAT

PADANGTODAY.COM – Saat ini berkembangnya teknologi, semakin menemukan hal-hal yang baru dan belum pernah dipikirkan. Misalnya saja, Machine to Machine atau M2M. Jika belum tahu, M2M ini sederhananya adalah teknologi yang memungkinkan mesin dengan mesin melakukan komunikasi.

Seperti yang telah dilakukan beberapa operator, Indosat contohnya. Indosat baru saja keluarkan inovasi barunya untuk mendukung para pelaku bisnis dengan layanan Vehicle Telematics dengan fungsi lengkap yaitu tracking, telematics, dan analytics.

Teknologi M2M ini, diklaim setiap tahun tumbuh di atas pertumbuhan industri. Bahkan, menurut pengamat IT, Heru Sutadi, di Indonesia M2M akan booming tahun depan.

“M2M sudah mulai jalan di beberapa operator, terus tumbuh meski hitungannya masih tahap awal. Untuk Indonesia tahun depan mulai booming apalagi makin ramainya implemetasi smart city,” ujarnya.

Sementara, menurut Hendra Sumiarsa, Division Head M2m Solution Indosat, pertumbuhan industri solusi M2M disebutkan mengalami pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun, dan diharapkan akan membuat industri ini akan menjadi trend dalam tiga tahun ke depan.

“M2M bakal segera booming di Indonesia. Kita bisa lihat dari pertumbuhan 40 persen per tahun di sisi industri utilitas, otomotif, transportasi, perbankan, keamanan dan surveilance yang mengindikasikan industri ini akan terus berkembang tiap waktu,” ungkapnya.

Menurutnya, bisnis M2M ini memiliki empat bisnis model, yakni business to business (B2B), business to business to business(B2B2B), business to consumer (B2C) danbusiness to business to consumer (B2B2C) yang mencukupi kebutuhan pasar bisnis yang ada di Tanah Air.

(ega/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*