Indra Catri Apresiasi Perkembangan PAUD

Bupati Agam, Indra Catri saat menghadiri acara halal bi halal bersama pendidik PAUD se-Kabupaten Agam di Belakang Balok Bukittinggi, Selasa (26/8).

Bupati Agam, Indra Catri saat menghadiri acara halal bi halal bersama pendidik PAUD se-Kabupaten Agam di Belakang Balok Bukittinggi, Selasa (26/8).

Advertisements

Agam, PADANGTODAY.com – Bupati Agam Indra Catri mengapresiasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang semakin hari semakin berkembang. Faktanya, saat ini sudah mencapai 467 lembaga PAUD yang tersebar di Kabupaten Agam.

Ditemui disela-sela acara acara halal bi halal se-Kabupaten Agam di Belakang Balok Bukittinggi, Selasa (26/8), Bupati mengharapkan tidak ada lagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya dengan semakin berkembangnya PAUD di Agam ini.

“Jangan ada lagi anak yang tidak bersekolah dengan alasan biaya. Kepada semua orang tua harus menyekolahkan anaknya pada usia dini, karena pendidikan usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan yang optimal, sebab pada usia dini dari hasil penelitian sekitar 50 persen kapabilitas kecerdasan telah terjadi ketika anak umur empat tahun atau 80 persen terjadi perkembangan pesat,” kata Indra Catri.

Indra Catri menambahkan dalam membangun moral bangsa perlu adanya pendidikan berkarakter. Menurutnya, pendidikan berkarakter tidak hanya kecerdasan intelektual, namun juga harus memiliki kecerdasan emosional, spiritual dan kultural. Sehingga insan yang beriman bertakwa, disiplin, mandiri, inovatif, kreatif dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi berjalan dapat berjalan lebih baik dan seimbang.

“Untuk itu, diingatkan kepada pendidik perlu memahami visi program PAUD dalam mewujudkan anak usia dini yang sehat, cerdas, ceria berbudi luhur serta memiliki kesiapan fisik maupun mental,” terang Indra Catri.

Selain pendidikan usia dini, rencananya bupati juga akan membangun sekolah “boarding school” dengan tujuan agar pola pendidikan lebih komprehensif dan lebih memungkinkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal, tidak hanya pendidikan potensi kompetensi namun juga potensi nurani.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Agam Vita Indra Catri, dalam sambutannya mengungkap, pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan SDM yang disesuaikan dengan pasal 28 UU nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional.

“Masa usia dini merupakan periode emas dalam perkembangan anak untuk memperoleh pendidikan,” ujar Bunda PAUD Agam. (AMC/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*